santunan sepeda lazisnu
Anak-anak mengambil sepeda yang diserahkan dari program santunan sepeda Lazisnu Kudus di Pendopo Kabupaten Kudus, Minggu (13/9). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Mimpi Marwatus Solichah untuk punya sepeda sendiri akhirnya terwujud. Bocah kelas VI SD IV Karangrowo Undaan Kabupaten Kudus ini termasuk dari 136 anak yatim yang menerima santunan sepeda dari Lazisnu Kudus.

Sepeda baru itu diserahkan langsung oleh Plt Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Minggu (13/9) sore. “Alhamdulillah punya sepeda baru. Nanti bisa dipakai ke sekolah dan bermain sama teman-teman,” katanya.

Ketua Lazisnu M Ihdifahmi mengatakan, program santunan sepeda ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan Lazisnu Kudus. Tahun lalu, jumlah sepeda yang diserahkan kepada anak yatim piatu sebanyak 95 unit sepeda.

“Periode pertama tahun lalu kami menyerahkan sebanyak 95 unit sepeda. Antusiasme para donatur tahun ini sangat tinggi sehingga bisa terkumpul sebanyak 136 unit sepeda. Jumlah ini akan terus bertambah,” katanya.

BACA JUGA : Subsidi Bunga bagi UMKM Belum Terserap Maksimal

Ihdi menambahkan, program santunan sepeda Lazisnu ini merupakan lanjutan dari zakat produktif yang disalurkan kepada para janda. Dari pantauan pada pendampingan program di lapangan ditemukan, zakat produktif itu tidak bisa menopang usaha produktif yang digeluti para penerima.

“Mereka mengaku disambati anak-anaknya yang rewel minta sepeda, akhirnya uang yang diterima dibelikan sepeda. Dari pengalaman itu Lazisnu akhirnya menggulirkan program santunan sepeda,” katanya.

Tingkatkan Imunitas

Terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini memicu demam sepeda di kalangan masyarakat. Anak-anak yatim piatu hanya bisa melihat dan memimpikan memiliki sepeda baru. “Kami mewujudkan mimpi anak-anak yatim untuk memiliki sepeda melalui 136 ranting NU yang ada di Kabupaten Kudus,” katanya.

Plt Bupati Kudus Hartopo berterima kasih kepada Lazisnu yang telah peduli dengan anak yatim piatu. Ia yakin program santunan sepeda Lazisnu Kudus ini sangat bermanfaat untuk anak-anak. “Selain bisa digunakan untuk transportasi, anak-anak juga bisa berolahraga,” katanya.

Ia menambahkan, penting bagi warga untuk meningkatkan imunitas di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya melalui kegiatan olahraga. “Sepeda banyak fungsinya. Selain untuk transportasi juga bermanfaat untuk olaharaga di tengah pandemi,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan