- Advertisement -
Beranda Jaga Satru Layanan Home Visit Pada Masa Pandemi

Layanan Home Visit Pada Masa Pandemi

- Advertisement -

SUDAH 9 bulan masa pandemi covid 19 merebak di Indonesia. Kondisi ini berdampak besar bagi seluruh aspek kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Pengendalian bagi dunia pendidikan dalam meminimalkan penyebaran virus covid 19 adalah dengan menerapkan sistem belajar dari rumah (BDR) melalui dalam jaringan (daring).

Dengan pembelajaran secara daring ini, terkadang muncul berbagai masalah. Baik yang dihadapi oleh siswa seperti ketidakaktifan siswa dalam pembelajaran daring, kurangnya kesadaran dalam mengumpulkan tugas, manajemen waktu dalam kegiatan belajar di rumah, motivasi belajar yang mulai berkurang, dan mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring.

Permasalahan tersebut dialami oleh semua jenjang kelas di SMA Negeri 2 Kudus. Permasalahan lebih banyak dialami siswa kelas X. Sebab mereka memerlukan penyesuaian diri dengan lingkungan SMA yang baru.

Melalui daring, siswa kelas X belum mendapatkan kesempatan untuk kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Siswa pun memiliki kendala dalam memahami struktur kurikulum di SMA Negeri 2 Kudus yang menganut sistem SKS.

Siswa juga belum mengenal baik lingkungan dan peraturan sekolah. Mereka pun belum mengenal dengan baik guru yang mengajar.

Masalah tersebut semakin berat ketika siswa bersikap acuh. Siswa sulit dihubungi. Mereka tidak merespon dengan baik meski pendamping akademik, guru mata pelajaran, maupun guru BK, sudah mengingatkannya.

Komunikasi dengan orang tua yang tidak secara langsung melalui telepon/ WA juga tidak mengalami perkembangan yang baik secara signifikan.

Protokol Kesehatan

Hal inilah yang menyebabkan guru BK melakukan home visit/ kunjungan rumah ke siswa yang terindikasi mengalami masalah dalam pembelajaran daring. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Home visit/ kunjungan rumah perlu dilakukan oleh guru BK, karena home visit termasuk salah satu dalam strategi pelayanan responsif. Pelayanan responsif (Zamroni, 2016: 111) merupakan pemberian bantuan kepada konseli yang menghadapi kebutuhan dan masalah yang memerlukan pertolongan dengan segera, sebab jika tidak segera dibantu dapat menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangan.

Akhirnya, siswa  mengalami hambatan dalam menyelesaikan tugas pembelajaran daring.

Home visit juga merupakan salah satu layanan pendukung dari kegiatan bimbingan dan konseling oleh guru BK dengan mengunjungi orang tua/tempat tinggal siswa. Home visit menurut Prayitno (2006:2) merupakan upaya untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak atau individu yang menjadi tanggung jawab konselor dalam pelayanan konseling.

Dengan kegiatan pendukung akan mendapat berbagai informasi. Data itu penting untuk lebih mengefektifkan layanan konseling dan dapat mendorong partisipasi orang tua (dan anggota keluarga lainnya) untuk sebesar-besarnya memenuhi kebutuhan anak atau individu yang bermasalah.

Tujuan Home Visit

Tujuan home visit menurut Mugiarso (2010:88) ada dua dalam bimbingan dan konseling yaitu: tujuan pertama untuk memperoleh berbagai keterangan/data yang diperlukan dalam pemahaman lingkungan dan permasalahan siswa, kedua untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan siswa.

Agar memperoleh data dan keterangan mengenai permasalahan siswa yang berkenaan dengan peranan rumah, maka guru BK perlu melakukan kegiatan home visit.

Dengan layanan bimbingan dan konseling melalui home visit ini,guru BK diharapkan  menjalin kerjasama yang baik . Termasuk dengan orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Guru juga mampu mengetahui kendala yang dialami oleh siswa serta memahami permasalahan siswa secara tepat.

Sehingga masalah siswa dapat terentaskan dengan baik. Siswa juga lebih meningkatkan pemahaman diri untuk lebih bertanggung jawab dan lebih mandiri dalam pelaksanaan pembelajaran daring. (*)

 

Penulis : Siti Aminatuz Zuhriyah, S.Psi, Guru Bimbingan dan Konseling SMA N 2 Kudus

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: