lapas pati
Kepala Lapas Kelas II B Pati Usman (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Pati resmi membebaskan puluhan narapidananya. Puluhan napi itu dibebaskan sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan HAM (Memkumham) Republik Indonesia nomor 10 tahun 2020.

Peraturan itu memang berisikan tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Hal itupun selaras dengan keputusan Menkumham RI dengan nomor M.HH-19 PK.01.04.04 tahun 2020.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Usman mengatakan, pembebasan sudah dilakukan mulai pada 1 April yang lalu sebanyak 12 orang. Kemudian dilanjutkan pada 2 April dengan membebaskan sebanyak 8 napi.

Sementara Jumat (3/4) lalu total ada 24 napi, Sabtu (4/4) dengan 32 napi, dan Senin (6/4) ada dua napi yang dibebaskan.

“Sehingga total ada 78 narapidana yang kami bebaskan. Dengan harapan bisa membantu menanggulangi persebaran virus corona di dalam lapas,”ujarnya.

BACA JUGA : Satu PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19

Namun untuk napi yang dibebaskan itu dikatakannya harus memenuhi sejumlah persyaratan. Seperti telah menjalani dua pertiga masa pidana pada 31 Desember 2020. Sementara bagi napi anak ketentuannya adalah telah menjalani setengah masa pidana pada 31 Desember 2020.

“Rata-rata mereka yang kami bebaskan adalah napi dengan kasus kriminal murni. Namun, ada juga yang memang mendapatkan pembebasan bersyarat,”imbuhnya.

Meski begitu, selama pembebasan napi tidak diperbolehkan keluar rumah.Mereka tetap diminta mengisolasi diri hingga masa persebaran virus korona dinyatakan usai. Para napi itupun tetap akan mendapatkan pengawasan dari pihak kejaksaan.

“Harapannya asimilasi ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Baru nanti kalau sudah ada pengumuman resmi dari pemerintah pusat, terkait selesainya persebaran covid-19, napi baru boleh keluar rumah,”ujarnya.

Sebelum adanya pembebasan ini, julah penghuni lapas Pati mencapai 446 orang. Sehingga, dengan adanya pembebasan tentunya jumlah napi akan terus berkurang. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan