PATI, Suaramuria.com – Jajaran Polres Pati bergerak cepat dalam mengantisipasi persebaran Covid-19 menjelang hari raya Idul Fitri. Diantaranya, kepolisian bergerak cepat dengan melakukan pendataan dan tes swab antigen bagi para pemudik yang terlanjur mudik.

Bahkan kepolisian menelusuri secara langsung ke rumah para perantau tersebut untuk memastikan kondisinya dan melakukan pengetesan.

Langkah itu seperti yang dilakukan pada Jumat (23/4) ini, Polres Pati telah melakukan pendataan pada enam pemudik di wilayah Pati Selatan.Mereka merupakan perantau dari Jakarta dan Sumatra yang mudik ke Kayen, Sukolilo, dan Tambakromo.

Satu di antara keenam pemudik itu telah melakukan tes usap (swab) secara mandiri dengan hasil negatif. Sementara, lima pemudik lainnya mendapat rapid test antigen di Posko PPKM Mikro desa masing-masing.

Tim dari petugas Posko PPKM, Bidan Desa, Tim Medis Urkes Polres Pati serta Bhabinkamtibmas yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Pati Kompol Sugino  langsung mendatanginya dan dilakukan tes antigen.Beruntung, setelah dilakukan rapid test antigen pada para pemudik tersebut, hasilnya semua negatif Covid-19.

BACA JUGA : Polres Tingkatkan Pelayanan Penyandang Disabilitas

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, aksi jemput bola ini sengaja digelar untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona dari pemudik yang lolos dan terlanjur masuk ke wilayah Pati.

“Saat ini kami telah bekerja sama dengan puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Terutama dalam penyediaan tes antigen beserta tenaga medisnya,”ujarnya kemarin.

Rencananya kegiatan ini akan terus dilakukan secara terus menerus hingga pasca lebaran. Dengan begitu diharapkan laju persebaran Covid-19 yang berpotensi disebarkan para pemudik dapat dilakukan antisipasi.(srm)

Tinggalkan Balasan