26.9 C
Kudus
Sabtu, 20 Juli 2024
BerandaKudusLampu Otomatis Menyala 24 Jam Biang Kebakaran Rumah Kosong Ini

Lampu Otomatis Menyala 24 Jam Biang Kebakaran Rumah Kosong Ini

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Sebuah rumah kosong di RT3, RW7, Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hangus terbakar, Rabu (22/6/). Lampu otomatis diduga picu kebakaran tersebut.

Sub Koordinator Kedaruratan dan Logistik BPBD Kudus Munaji mengatakan, pihaknya telah mencari penyebab pasti api yang membakar rumah tak berpenghuni itu.

Setelah melakukan pemeriksaan intensif, pihaknya menyimpulkan api dipicu hubungan arus pendek pada lampu otomatis yang menyala 24 jam nonstop.

BACA JUGA : Bantu Korban Kebakaran, Bupati Berharap Rumah Keluarga Bakoh Kembali Berdiri

“Kami mengumpulkan data di lokasi kebakaran di mana ditemukan penyebabnya adalah korslet listrik dari lampu tersebut. Posisinya ada di ruang tamu,” katanya.

Sebelumnya, warga mengetahui rumah milik mendiang Naryo dan istrinya itu terbakar sekitar pukul 12.05 WIB. Api dengan cepat merambat di bagian rumah lainnya. Akibatnya, hampir 60 persen bangunan tersebut hangus terbakar.

Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai sekitar Rp 100 juta.

Imbau Masyarakat

Munaji menambahkan, pihaknya mengimbau pada masyarakat di Kabupaten Kudus untuk memastikan semua listrik dalam keadaan mati bila tak ada orang di rumah. Termasuk lampu otomatis karena bisa picu terjadinya kebakaran.

Selain mengecek instalasi listrik, pihaknya juga menganjurkan untuk mengecek peralatan memasak seperti kompor. Karena dari peristiwa kebakaran sering disebabkan lupa mematikan kompor.

Kepala Desa Tumpangkrasak Kudus Sarjoko mengatakan, sebelumnya warga mengira asap pekat yang muncul itu berasal dari rumah produksi genteng tanah. Menyadari rumah yang terbakar, warga pun berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Selain dari BPBD, pemadam kebakaran dari Satpol PP dan PT Djarum juga ikut membantu proses pemadaman. Dibantu warga setempat, api kemudian berhasil dijinakkan sebelum merambat ke bangunan yang lainnya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini