- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Sabtu, 31 Juli 2021
BerandaKudusLaboratorium Bergerak Kemenkes Bantu Percepat Tes Covid-19 di Kudus

Laboratorium Bergerak Kemenkes Bantu Percepat Tes Covid-19 di Kudus

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengirimkan mobil laboratorium bergerak surveilans untuk mempercepat tes Covid-19 di Kabupaten Kudus. Mobil itu kini disiagakan di halaman RSUD dr Loekmonohadi Kudus.

Direktur RSUD dr Loekmonohadi Kudus dokter Abdul Azis Achyar mengatakan, mobil laboratorium itu membantu meningkatkan kapasitas testing covid-19 di Kabupaten Kudus.

“Mobil laboratorium bergerak surveilans dari Kemenkes tersebut difungsikan untuk memberikan pelayanan laboratorium dan meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen covid-19 di Kabupaten Kudus,” katanya, Senin (7/6).

BACA JUGA : Warga Isolasi Mandiri di Rumah Dijemput Dikirim ke Donohudan

Azis mengatakan, mobil PCR itu diperbantukan untuk di RSUD dr Loekmonohadi karena rumah sakit pelat merah itu dinilai sudah berpengalaman mengoperasionalkan mesin RT PCR. RSUD Kudus teah memiliki alat tersebut sejak awal pandemi. Tepatnya sejak awal Juni 2020.

“Kami juga mendapat bantuan lima orang tenaga analis yang handal, yang sudah terbiasa mengoperasikan mesin RT PCR dan satu dokter spesialis patologi klinik,” katanya.

Disebutkan, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus telah memiliki laboratorium biomolekuler yang pengoperasiannya dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dengan dilengkapi alat ekstraksi RNA (Ribonucleid Acid) robotic. Dengan kapasitas pemeriksaan 400 spesimen tiap harinya

Dengan tambahan bantuan laboratorium bergerak ini, lanjut Azis, memberikan dukungan percepatan di dalam mengelola spesimen yang masuk. Ia berharap sistem tracing yang diikuti testing bisa segera mendapatkan kepastian hasilnya.

“Keberadaan mobil laboratorium bergerak surveilans ini juga diharapkan dapat mempercepat kaitannya dengan penegakkan diagnosis. Selama ini semua pasien yang datang ke IGD dilakukan skrining covid-19 dengan rapid antigen dan early warning score (EWS),” katanya.

Fasilitas Pemeriksaan

Ketika pasien hasil EWS-nya dibawah 10 maka dikategorikan pasien suspect. “Agar yang suspek ini bisa segera diketahui statusnya apakah positif atau negatif Covid-19, diperlukan kecepatan dalam tes,” katanya.

Mobil laboratorium PCR ini memiliki tiga ruangan terpisah. Kendaraan ini dilengkapi biosafety level II, mesin RT-PCR, PCR GeneXpert (TCM), hingga mesin ekstraksi otomatis.

Laboratorium bergerak ini juga dilengkapi biosafety cabinet level II (BSL II), autoclave, laminar air flow, dan freezer. Alat pengubah air dari udara untuk memenuhi kebutuhan air bersih juga ada di kendaraan ini.

Mesin pemeriksaan yang terdapat pada mobil ini dapat memproses sebanyak 94 spesimen dalam sekali pemrosesan. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: