Kursi Kepala Dinas PUPR Sepi Peminat
Petugas sekretariat pansel menyeleksi berkas pendaftaran (foto suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Perpanjangan waktu pendaftaran lelang jabatan kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus kembali gagal menjaring pendaftar. Dari empat posisi jabatan pimpinan tinggi pratama, tiga memenuhi syarat minimal kuota pendaftar.

Total sebanyak 12 pejabat yang lolos seleksi administrasi dan penilaian rekam jejak untuk tiga kursi kepala dinas.

Rinciannya, sebanyak empat orang pejabat mendaftar kursi kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) dan sebanyak tiga pendaftar di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Sisanya sebanya lima orang pejabat mendaftar lowongan kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB).

BACA JUGA : 37 PNS Disampiri Jabatan Anyar

Kabid Pengembangan dan Diklat pada Badan Kepegawaan Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Tulus Triyatmika membenarkan jika jumlah pendaftar posisi kepala dinas PUPR belum memenuhi syarat minimal jumlah pelamar.

“Karena belum memenuhi kuota, pendaftaran untuk posisi kepala Dinas PUPR akan diperpanjang lagi selama tujuh hari kalender. Perpanjangan kedua pendaftaran dan pengembalian berkas posisi jabatan Kepala Dinas PUPR hingga 9 Maret 2020,” kata Tulus.

Tulus menambahkan, ada dua orang ASN yang melamar kursi kepala Dinas PUPR. Jumlah ini masih belum memenuhi syarat jumlah pelamar minimal sebanyak tiga orang.

Pemkab Kudus akan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) jika hingga batas perpanjangan nanti, jumlah pelamar tidak bertambah.

12 ASN Lolos Seleksi

Dalam pengumuman dari panitia seleksi No 10/Pansel-JPT/III/2020 yang diunggah di laman resmi Pemkab Kudus, sebanyak 12 ASN yang lolos seleksi administrasi yakni Arif Suwanto, Catur Widyatno Udi Waluyo, dan Didik Tri Prasetyo yang melamar jabatan kepala BKPP.

Bergas Catursasi Penanggungan, Harso Widodo dan Sancaka Dwi Supani lolos seleksi administrasi dan penilaian rekam jejak untuk posisi posisi kepala Disbudpar. Lima orang yang lolos seleksi administrasi kursi kepala Dinas Sosial P3AP2KB yakni Mundir, Dewi Masitoh, Sutrimo, Rudy Hermawan dan Sudarmono.

Tulus menambahkan, sebanyak 12 ASN tersebut akan menjalani tes assesment.

“Tes assesment digelar di Mabes Polri Jakarta, Rabu – Kamis (4-5/3). Mereka yang lolos akan menjalani tes presentasi 16 Maret mendatang. Tiga terbaik akan menjalani tes wawancara,” katanya.

Sebelumnya, minimnya jumlah pendaftar lelang jabatan ini mendapat sorotan Ketua DPRD Kudus Masan. Menurut Masan, syarat yang ditentukan dalam seleksi ini terlalu rumit dan mempersempit peluang untuk kompetisi.

Ia mencontohkan, syarat pelamar yang harus memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas dalam jabatan yang ingin diduduki selama lima tahun secara kumulatif terlalu menyulitkan.

Pasalnya, jumlah ASN dengan golongan Pembina yang memiliki kualifikasi tersebut, sangat minim. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan