kurban dpd nasdem
Panita kurban yang terdiri atas pengurus dan kader DPD Partai Nasdem Kudus memotong daging hewan kurban, Minggu (2/8). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – DPD Partai Nasdem Kabupaten Kudus merayakan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban dua ekor kerbau dan empat ekor kambing. Menariknya, kurban DPD Nasdem Kudus memanfaatkan bungkus daun jati untuk mengurangi sampah plastik.

Pengurus DPD Nasdem Kabupaten Kudus H Muhtamat mengatakan, penggunaan daun jati ini menjadi upaya partainya untuk mengurangi sampah plastik. Daging kurban itudibagikan kepada ratusan warga, serta jajaran pengurus hingga tingkat RT.

“Sampah plastik menjadi persoalan lingkungan, karena plastik sulit terurai di alam. TPA di Kudus saat ini juga sudah overload. Karena itu mengikuti anjuran bungkus nonplastik. Kami memanfaatkan daun jati untuk bungkus daging kurban,” kata Muhtamat.

BACA JUGA : Muhammadiyah Kudus Anjurkan Pemotongan Hewan Kurban di RPH

Prosesi penyembelihan hewan kurban dilakukan di kantor DPD Partai Nasdem yang baru yang berada di Jalan Pedawang, Minggu (2/8) pagi. Waktu penyembelihan dipilih di hari Tasriq kedua yang juga bertepatan dengan akhir pekan.

Masjid Menara Kudus

Muhtamat mengatakan, total hewan kurban tahun ini sebanyak dua ekor kerbau dan empat ekor kambing. Selain ada yang disembelih di kantor DPD, beberapa hewan juga disalurkan melalui Masjid Menara Kudus dan Ponpes Mazro’atul Ulum Damaran.

Hewan kurban yang disembelih tahun ini merupakan sumbangan dari Wakil Ketua MPR sekaligus Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Lestarie Moerdijat, dan Anggota DPRD Jateng Fraksi Partai Nasdem, Akhwan Sukandar.

Proses pemotongan dilakukan dengan melibatkan pengurus serta kader-kader Partai Nasdem di wilayah Kabupaten Kudus. Usai pemotongan, seluruh daging kurban tersebut kemudian didistribusikan ke warga tak mampu dan ratusan pengurus Partai Nasdem sampai ke tingkat-tingkat desa.

“Kami berharap, tahun depan jumlah hewan kurban yang disembelih bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Muhtamat menambahkan, penyembelihan hewan kurban tahun ini sebagai upaya DPD Partai Nasdem mengamalkan nilai-nilai spiritual. Terutama dalam berkorban untuk kepentingan masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan semangat Partai Nasdem untuk terus berkontribusi kepada masyarakat. “Apalagi di era pandemi Covid-19 ini, tentu daging kurban yang dibagikan masyarakat bisa memberi manfaat terutama bagi warga yang terdampak,” ujar Muhtamat.

Penyembelihan hewan kurban DPD Nasdem Kudus kali ini juga bertujuan untuk terus meningkatkan soliditas Partai besutan Surya Paloh tersebut. Sebab, dalam kegiatan kali ini hampir seluruh pengurus dan fungsionaris Partai Nasdem turut bahu membahu. Mereka membantu proses pemotongan hingga pendistribusian daging ke warga.

“Ini juga menjawab rumor yang berkembang di masyarakat terkait soliditas Partai Nasdem. Meski agenda politik seperti Pilkada dan Pemilu masih cukup lama, namun kegiatan ini terbukti menjadi sarana konsolidasi internal partai, terutama setelah kami menempati kantor yang baru,” tegasnya.

Tim Cekatil Link

Muhtamat menambahkan, pihaknya juga menyalurkan daging kurban untuk tim pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus, atau yang akrab disebut tim cekathil link.

“Tim cekathil link masih disibukkan dengan prosesi pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di tengah perayaan Idul Adha tahun ini. Semoga mereka diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menjalankan tugas mulia ini,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan