- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Sabtu, 31 Juli 2021
BerandaKudusKudus Zona Merah, Masjid Agung Tiadakan Salat Jumat

Kudus Zona Merah, Masjid Agung Tiadakan Salat Jumat

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Masjid Agung Kudus meniadakan salat Jumat menyusul terbitnya surat edaran Menteri Agama tentang pembatasan pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah. Pengurus Masjid Agung Kudus memasang pengumuman meniadakan salat Jumat di pintu gerbang masjid yang berada di pusat kota Kudus itu.

Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus Noor Badi menjelaskan, keputusan itu berdasarkan rapat pengurus pada Rabu (16/6). Pihaknya mempertimbangkan karena lokasi Masjid Agung Kudus berada di pusat kota, jamaah yang hadir bukan hanya dari warga sekitar saja.

Selain itu, kata Badi, Kabupaten Kudus saat ini masih dalam zona merah. Bupati Kudus juga telah menerbitkan surat edaran tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Pengurus pun memutuskan sementara waktu tidak menyelenggarakan salat Jumat.

BACA JUGA : Ruang Isolasi Khusus di RSU Kudus Overload

“Pengurus memutuskan Masjid Agung tidak menyelenggarakan salat Jumat sementara waktu (hari ini). Tapi untuk pekan depan, nanti kami lihat kondisinya seperti apa dan kami menyesuaikan,” katanya, Jum’at (18/6)

Pihaknya juga menyatakan kepihatinannya dengan kondisi Kudus saat ini yang mengharuskan melakukan pembatasan dan sementara meniadakan salat Jum’at. Para jemaah, lanjut dia, bisa menunaikan salat Jumat di masjid-masjid yang dalam wilayah yang lebih aman (tidak zona merah).

Meski tidak menggelar salah Jumat, Masjid Agung Kudus tetap menggelar salat lima waktu berjamaah. Salat jamaah itu digelar dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pemakaian masker hingga penerapan jaga jarak saat salat berjamaah.

“Untuk salat lima waktu berjamaah masih digelar, karena waktunya pun terbatas. Jamaah juga tidak banyak paling hanya dua baris, itu juga dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Menteri Agama menerbitkan surat edaran (SE) nomor 13 tahun 2021 tentang pembatasan pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah, Menag berharap umat beragama tetap bisa menjalankan aktivitas ibadah sekaligus menjaga keselamatan jiwanya dengan menyesuaikan kondisi terkini di wilayahnya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: