DAK untuk Covid-19
ilustrasi

PATI, suaramuria.com – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati salurkan DAK untuk covid-19. Dana Alokasi Khusus meliputi DAK Fisik Bidang Kesehatan dan KB, Sub Bidang Rujukan Covid-19 untuk dua daerah sebesar Rp 5,9 miliar.

Dana tersebut diterimakan kepada Pemkab Pati senilai Rp 1,8 miliar dan Pemkab Rembang Rp 4,1 miliar. Anggaran DAK untuk Covid-19 menjadi prioitas Pemerintah saat ini.

“Dengan penyaluran DAK untuk Covid-19 meliputi Fisik Bidang Kesehatan tersebut, kami berharap pencegahan dan penanganan Covid-19 lebih baik,” ujar Kepala KPPN Pati Mulyo Slamet, Minggu (26/4).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pencegahan dan penanganan Covid-19 menjadi isu utama bagi negara saat ini. Isu utama tersebut menjadi perhatian dalam penanganan kesehatan masyarakat.

Karena itu, dukungan dalam penyediaan alat kesehatan, vaksin, obat, penanganan pasien, dan penanganan wabah di masa depan sangat penting.

BACA JUGA: Pasien Positif Covid-19 di Pati Kembali Bertambah

Mulyo mengemukakan, dalam mendukung pencegahan dan penanganan virus korona (Covid-19) Kementerian Keuangan telah menerbitkan kebijakan atau aturan pelaksanaan anggaran (APBN) yang dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Regulasi tersebut berupa Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 6/KM.7/2020 tentang Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan/atau Penanganan Covid-19.

“Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pada Bidang Kesehatan dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19,” tandasnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 berdampak luas dan luar biasa bagi masyarakat. Bukan hanya dalam bidang kesehatan, wabah virus Corona juga berimbas pada sektor perekonomian, sosial, dan budaya masyarakat.

Penanganan Covid-19, lanjut dia, harus dilakukan secara bersama-sama. Peran serta masyarakat juga tidak kalah penting dengan mengikuti protokol dan aturan pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.(SRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here