kondisi pasien isolasi
Abdul Azis Achyar. (foto ;suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Kondisi seorang pasien yang dirawat di ruang isolasi khusus RSU dr Loekmonohadi Kudus terus membaik.

Direktur RSU dr Loekmonohadi Kudus Abdul Azis Achyar mengatakan, kondisi pasien tersebut masih jauh jika disimpulkan sebagai terduga (suspect) corona.

Pihak rumah sakit mengambil tindakan memberi perawatan di ruang isolasi karena riwayat pasien yang baru pulang dari Korea Selatan.

“Kami masih menunggu hasil uji swab tenggorokan yang sudah dikirim oleh Dinas Kesehatan ke Litbangkes Jakarta,” kata Azis di sela sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi infeski Covis-19 (corona) di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (6/3).

BACA JUGA : RSU Kudus Kosongkan Dua Lantai Ruang Dahlia

Disebutkan, Gejala-gejala awal yang diduga merupakan gejala corona mulai menghilang. Namun, pasien tersebut masih akan terus dirawat di ruang isolasi selama hasil lab belum turun.

“Dari hasil pemeriksaan memang gejalanya kini lebih mirip pneumonia biasa. Pasien kini mulai membaik. Namun kami masih menunggu hasil laboratorium,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pasien warga Kudus harus mendapat perawatan dengan prosedur penanganan virus corona.

Kondisi pasien isolasi yang baru datang dari Korea Selatan itu datang ke RSU untuk memeriksakan diri setelah mengalami demam. Hasil rontgen juga memperlihatkan jika pasien mengalami peradangan paru.

Tak Perlu Panik

Azis menambahkan, warga tak perlu panik dengan kabar wabah corona belakangan ini. Menurutnya, penyebaran tuberculosis (TB) paru di Indonesia, termasuk wilayah Kabupaten Kudus justru lebih menghawatirkan.

Menurut Azis, tingkat kesembuhan akibat virus corona cukup tinggi di kisaran 98 persen. “Angka kematian akibat TB Paru justru lebih tinggi, yakni sebelas orang dalam satu jam. Harusnya itu juga menjadi perhatian salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat,” katanya.

Ia juga mengimbau warga tak perlu panik dengan virus corona yang menjadi wabah di sejumlah negara. Menurut Azis, peralatan dan SDM di RSU Kudus cukup siap. RSU Kudus termasuk satu dari total 100 RS rujukan corona di Indonesia.

Selain membangun ruang isolasi khusus, peralatan medis berstandar penanganan pasien corona. RSU juga telah melakukan simulasi sehingga penanganan pasien ini bisa dilakukan secara cepat. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan