Komunitas Alumni Kirim APD ke RS dan Puskesmas
Alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati bersama GP Ansor Pati membagikan APD untuk tim medis di Puskesmas, rumah sakit, dan Dinkes. (suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Kekurangan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan dalam penanganan virus korona (Covid-19) memantik simpati berbagai kalangan, termasuk komunitas alumni di Kabupaten Pati.

Mereka yang peduli pun membantu rumah sakit, Puskesmas, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati mendapatkan APD.

“Alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati mengirim bantuan 200 unit. Semua sudah kami distribusikan ke RSUD RAA Soewondo, sejumlah Puskesmas, rumah sakit swasta, dan Dinas Kesehatan,” ujar Perwakilan Alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati Arif Hendra Lukmana di sela menyerahkan APD, Sabtu (11/4).

Pria yang akrab disapa Jiban ini mengemukakan, pihaknya beserta berbagai jaringan sejauh ini menangkap kesulitan pemkab Pati dalam mendapatkan APD. Karena itu, donasi dari alumnus dua sekolah itu diarahkan untuk membantu pemenuhan APD.

BACA JUGA: Ina Upayakan APD Petugas Puskesmas

“Tenaga medis saat ini sangat membutuhkan APD dalam pandemi korona. Kami pun tergugah berdonasi untuk menyampaikan bantuan 200 unit standar medis yang terdiri atas setelan baju, kaca mata, pelindung kepala, dan sarung tangan,” katanya.

Tidak hanya kali ini, alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati masih akan mengupayakan bantuan APD lagi bagi tenaga medis.

Pihaknya terus menggalang donasi dari alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati serta jaringan lain untuk pengadaan bantuan APD ke depan. Termasuk merencanakan untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Dalam distribusi bantuan, pihaknya bekerja sama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Sejauh ini mereka bersinergi membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi korona.

“Kami bekerja sama dengan jaringan alumni SMA 1 dan SMP 3 Pati untuk menyerahkan bantuan 200 unit APD kepada instansi yang menaungi tenaga medis. Kami akan terus bahu membahu bersama berbagai pihak untuk ikut berperan dalam penaganan Covid-19,” ujar Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pati Itqonul Hakim.

PDP Tambah Dua Orang

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati Haryanto mengemukakan, terdapat dua tambahan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Mereka dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati dan RSUD Paru dr Ario Wirawan Surakarta.

Itu menjadikan total jumlah PDP asal Pati sebanyak lima orang. Mereka masih menunggu hasil uji laboratorium untuk memastikan statusnya.

“Sedangkan untuk PDP positif Covid-19 mash tetap tiga orang. Saat ini mereka masih dirawat di RSUD dr Moewardi Surakarta, RSUD dr Soetrasno Rembang, dan RSUD RAA Soewondo Pati,” tandasnya.(SRM)

Tinggalkan Balasan