nakes pati
Tenaga kesehatan melakukan tracing kasus Covid-19 di Pati. (foto: suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 di Pati semakin banyak. Setidaknya tercatat 60 nakes yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas daerah tertular Covid-19.

“RSUD RAA Soewondo 17 nakes terpapar,” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pati Haryanto, Kamis (10/6).

Selain itu, dia mengungkapkan puluhan nakes lain yang terpapar Covid-19 di empat puskesmas. Mereka yakni 6 nakes dari Puskesmas Gembong, Puskesmas Wedarijaksa I 8 nakes, Puskesmas Batangan 22 nakes, dan Puskesmas Winong II 7 nakes.

BACA JUGA: Belasan ASN Pati Terpapar Covid-19

Haryanto yang juga bupati Pati mengaku belum mengetahui pasti asal penularan nakes di RSUD Soewondo. Dia hanya mengatakan, jika mereka tengah menjalani isolasi di rumah sakit dan sebagian lagi isolasi mandiri di rumah.

Kendati demikian pelayanan di rumah sakit daerah tersebut tetap berlangsung. Tidak ada penutupan atau penghentian pelayanan.

“Jalan, tidak ada masalah, (tenaga) medisnya banyak,” katanya.

Terpaparnya nakes juga terjadi di rumah sakit swasta. Direktur Rumah Sakit Mitra Bangsa Suworo Nurcahyono mengemukakan, sebanyak 13 perawat dan non-perawat dan seorang dokter terpapar Covid-19.

Dia menduga, mereka tertular dari rumah. Mengingat, rumah sakitnya telah menerapkan SOP ketat, seperti pemakaian APD dan protokol kesehatan.

“Kemungkinan penularan di rumah sakit kecil, meskipun ada. Karena SOP benar-benar kami jalankan,” tandasnya.

Di luar itu, sejumlah Puskesmas juga dilaporkan terdapat 3 nakes yang bertugas di Puskesmas Tayu I dan 2 bidan di Puskesmas Tayu II yang terpapar Covid-19.

Muncul juga informasi 35 nakes di Rumah Sakit KSH dan 40 nakes di RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah yang juga tertular Covid-19. Namun, saat dikonfirmasi bupati mengaku belum mengeceknya.(srm)

Tinggalkan Balasan