Kerap Mangkir Rakor, Komisi C Minta Kepala Dinas PKPLH Dicopot

0
184

KUDUS, suaramuria.com – Geram karena kerap mangkir diundang rapat koordinasi, Ketua Komisi C DPRD Kudus Rinduwan mendesak kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) dicopot dari jabatannya.

Ketua Komisi C DPRD Kudus Rinduwan mengatakan, Kepala PKPLH Kabupaten Kudus Agung Karyanto kembali mangkir pada rapat koordinasi membahas penanganan dampak Covid di gedung DPRD Kudus, Kamis (11/6).

“Ini bukan yang pertama kalinya. Kadinas PKPLH pada rakor-rakor sebelumnya juga kerap hanya mengirimkan kabid-kabidnya,” kata Rinduwan.

BACA JUGA : Mekanisme Penyaluran Bansos Beras Disorot DPRD

Hal itu membuat Komisi C merasa disepelekan. Rakor digelar untuk mengetahui sejauh mana OPD di lingkungan Pemkab Kudus melakukan penanganan dampak Covid-19. “Sebelumnya kami juga memanggil OPD lainnya, kadinasnya hadir langsung,” katanya.

Rinduwan mengatakan, absennya Kadinas PKPLH untuk kesekian kalinya itu juga membuat anggota Komisi C lainnya geram. Rinduwan mengatakan, jika memang susah diajak berkoordinasi, ia mendesak Plt Bupati Kudus Hartopo mencopot Agung Karyanto.

“Percuma jika yang hadir sekdin atau kabid. Jika ada persoalan tidak bisa segera mengambil keputusan kebijakan. Kami akan mengusulkan agar kepala dinas PKPLH dicopot,” katanya.

Selain penanganan dampak Covid-19, lanjut Rinduwan, Komisi C ingin menanyakan persoalan yang dikeluhkan masyarakat kepada PKPLH pada rakor, Kamis pagi. Ia mencontohkan, banyak keluhan dari masyarakat terkait persoalan penanganan sampah, lampu penerangan jalan umum, dan pohon peneduh jalan.

“Kami sudah menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan DPRD. Rakor yang digelar komisi ini bukan main-main, kami ingin kadinas hadir langsung agar setiap persoalan segera diputuskan kebijakan penanganannya,” katanya.

Kirim Surat

Ketua DPRD Kudus Masan membenarkan adanya keluhan dari Komisi C terkait kerap mangkirnya Kadinas PKPLH pada rapat koordinasi.

“Secara resmi pimpinan DPRD Kudus akan berkirim surat kepada Plt bupati terkait persoalan ini, agar segera ada perubahan kepemimpinan di Dinas PKPLH,” katanya.

Dikonfirmasi hal ini, Kepala Dinas PKPLH Agung Karyanto membenarkan tidak hadir pada rapat koordinasi di Komisi C tersebut. Namun ketidakhadirannya itu bukan tanpa sebab. “Saya sedang mengikuti diklat hingga September nanti. Kebetulan ada kelas online yang tidak bisa ditinggalkan,” katanya.

Agung menambahkan, pada rapat sebelumnya ia mengaku menghadiri langsung bersama jajaran sekretaris dinas dan kabid. “Tidak benar jika disebut selalu absen,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan