rapid test tenaga medis
Ilustrasi

KUDUS, suaramuria.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus terus meningkat sepekan terakhir. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus mencatat tambahan 1 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kudus pada Rabu (15/4/2020).

Total kumulatif kasus positif Covid-19 yang ada di Kudus mencapai delapan orang. Dua orang positif virus Corona di Kabupaten Kudus telah meninggal dunia. Dua orang pasien dinyatakan sembuh, sementara empat pasien masih menjalani perawatan.

Juru bicara Gugus Tugas dokter Andini Aridewi mengatakan, tambahan pasien positif tersebut diktahui dari h hasil PCR dari B2P2VRP Salatiga.

“Yang bersangkutan sebelum berstatus PDP (pasien dalam pengawasan – Red) yang dirawat di RS Mardi Rahayu. Hasil PCR terkonfirmasi positif,”kata Andini, Rabu (15/4/2020).

BACA JUGA : DPRD Kecewa Pendataan Terdampak Covid-19 Lamban

Pasien laki-laki dari wilayah Kecamatan Kota itu datang memeriksakan diri ke RS Mardi Rahayu pada 7 April 2020. Pasien itu mengeluh demam selama seminggu dan batuk dalam dua hari terakhir. Kondisi pasien juga lemas dan mengalami mual.

Pasien mengaku tidak bepergian ke luar kota. Pihak sumah sakit melakukan pemeriksaan penunjang kepada pasien serta mengirimkan swab pada tanggal 9 dan 11 April ke B2P2VRP Salatiga.

“Saat ini pasien masih dalam perawatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu, dan kondisinya stabil,” ujarnya.

Penyakit Penyerta

Tim medis terus melakukan pengawasan ketat pada pasien mengingat pasien memiliki penyakit penyerta. Jika kondisi pasien terus membaik akan dilakukan swab ulang untuk evaluasi. Tim Puskesmas yang menjadi penanggung jawab wilayah juga masih melacak warga yang pernah kontak dengan pasien.

Sementara itu, RSU Loekmonohadi memulangkan satu pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Pasien perempuan itu dipulangkan setelah hasil swab ulang dinyatakan negatif.

“Yang bersangkutan kini diijinkan pulang oleh dokter yang menangani karena dinyatakan sudah sembuh,” katanya.

BACA JUGA : Anggota DPRD Jateng Bantu APD Tim Medis di Kudus

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus mencatat ada sebanyak 12 orang OTG (orang tanpa gangguan), ODP (orang dalam pemantauan) masih dipantau 157 orang, dan PDP 80 orang. Dari jumlah PDP tersebut yang masih dalam perawatan 27 orang, dirujuk 2 orang, meninggal 15 orang, serta PDP pulang 36 orang.

Adanya pasien konfirmasi positif COVID-19 yang tidak ada riwayat perjalanan ke wilayah transmisi lokal perlu disikapi serius oleh seluruh warga Kabupaten Kudus. Warga diminta semakin waspada dan disiplin untuk social distancing dan physical distancing.

Selain itu selalu memakai masker saat berada di tempat umum, rajin mencuci sabun dengan air mengalir, memakai hand sanitizer dan tidak menyentuh daerah wajah terutama mata, hidung, dan mulut bila belum mencuci tanganserta selalu menerapkan etika batuk yang benar. Diharapkan pula untuk selalu mengonsumsi makanan gizi seimbang dan istirahat cukup serta olahraga teratur. (SRM)

Tinggalkan Balasan