bendera di tengah laut
Kapolres Pati bersama nelayan di Juwana mengibarkan bendera merah putih di tengah laut. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria – Puluhan nelayan Juwana dan jajaran Polres Pati memiliki cara unik dalam menyambut hari kemerdekaan. Dengan menggunakan puluhan perahu cukrik, Kapolres beserta para nelayan itu memilih mengibarkan bendera di tengah laut.

Meski cuaca cukup terik namun rupanya hal itu tidak menyurutkan semangat mereka. Rombongan berangkat dari Pulau Seprapat di Kecamatan Juwana. Mereka tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta menjaga jarak.

Puluhan nelayan itu memang tidak pada satu kapal melainkan membawa perahu cukriknya masing-masing.

BACA JUGA : Kangen, Anak Kampung Nelayan di Jepara Kibarkan Bendera

Kapal yang ditumpangi Kapolres Pati memimpin rombongan, diikuti perahu karet dari Satpolair, TNI serta keamanan laut. Barulah di belakangnya terlihat iring-iringan puluhan perahu cukrik nelayan menyusuri alur Sungai Juwana.

Tak ayal hal itu sempat menarik perhatian dari warga maupun nelayan yang tengah bersandar. Terlebih kemeriahan terlihat dari berbagai atribut yang dikenakan. Mulai dari bendera di tiap kapal dna perahu hingga pita merah putih yang kompak dikenakan setiap peserta.

Selepas dari bibir pantai, rombongan pun menata posisi. Terlihat dua perahu karet yang dikendarai Satpolair dan TNI tampak berputar.

Seseorang diantaranya tampak berdiri tegak membawa bendera merah putih ditangannya. Bendera itu kemudian diberikan kepada Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat di kapal yang berada di tengah.

Setelah diterima, bendera itu kemudian dipasang. Suasana khidmat pun terasa saat penghormatan bendera dilakukan. Gelombang yang sesekali terasa tampak tidak menganggu suasana peringatan hari kemerdekaan tersebut.

Kearifan Lokal

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, kegiatan pengibaran bendera di tengah laut dipilih lantaran Pati dikenal sebagai salah satu penghasil nelayan yang handal. Dengan kegiatan itu menjadi bentuk kearifan lokal di wilayah Polres Pati.

”Kegiatan ini merupakan kearifan lokal. Karena itu kami membuat kegiatan pengibaran bendera di laut bersama para nelayan ini,” terangnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan menggelar bakti sosial kepada para nelayan yang turut terdampak Covid19. Puluhan nelayan tersebut diberikan bantuan berupa beras. Diharapkan bantuan tersebut bisa bermanfaat dan membantu meringankan beban nelayan kecil di tengah pandemi. (SRM)

Tinggalkan Balasan