- Advertisement -spot_img
26.9 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaKudusKantor BRI di Pasar Kliwon Terbakar, Ini Pemicunya

Kantor BRI di Pasar Kliwon Terbakar, Ini Pemicunya

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Kebakaran kembali melanda Pasar Kliwon Kudus. Kali ini, kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kota yang ada di Blok B1 Pasar Kliwon ludes terbakar, Kamis (13/1) siang.

Sebagian  berkas di kantor itu tak bisa diselamatkan. Peetugas yang berhasil memadamkan api memang sempat mengeluarkan berkas-berkas dari lantai II. Namun kondisi berkas sudah basah dan sebagian hangus terbakar.

Api kali pertama terlihat di lantai II kantor BRI Unit Kota sekitar pukul 12.00 WIB. Banyaknya berkas-berkas yang mudah terbakar membuat api cepat membesar. Kebakaran itu sempat membuat panik pedagang Pasar Kliwon.

Pedagang yang memiliki kios di sebelah kantor BRI sempat mengungsikan barang dagangannya.

BACA JUGA : Pedagang Pasar Kliwon Minta Keringanan Retribusi Sewa PKD

Suwarno, penjaga kantor BRI Unit Kota menuturkan, sebelum terjadi kebakaran listrik di tempatnya bekerja sempat padam, sekitar pukul 11.30 WIB. Sekitar sepuluh menit kemudian listrik kembali menyala.

“Setelah listrik kembali menyala saya berinisiatif menyalakan lampu-lampu. Kemudian saya ketahui ada api di lantai dua kantor. Api kemudian cepat membesar,” ujarnya.

Kebaran itu diduga akibat hubungan arus pendek di kantor BRI Unit Kota. Tiga unit pemadam dibantu empat unit mobil tangki yang diturunkan berhasil menjinakkan si jago merah sekitar Pukul 13.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran sempat menyelamatkan berkas-berkas dari lantai II.

Petugas melempar berkas-berkas ke luar. Hanya saja, berkas yang diselamatkan itu sudah tak utuh lagi karena ikut terbakar.

Hartopo menyebutkan bahwa musibah kebakaran ini kemungkinan diakibatkan karena terjadinya hubungan arus pendek listrik.

“Kemungkinan korsleting listrik, bisa terjadi karena tidak adanya evaluasi dan pengecekan berkala terhadap instalasi listrik,” sebutnya.

Instalasi Listrik

Oleh karena itu, pihaknya meminta pada pemilik maupun pengelola kios agar memperhatikan instalasi listrik yang terpasang.

“Butuh evaluasi dan pengecekan secara berkala pada instalasi listrik. Jangan beranggapan bahwa pemasangan instalasi listrik sekali untuk selamanya, sebab pengecekan berkala perlu dilakukan untuk meminimalisir kejadian seperti ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat ketika akan melakukan pemasangan instalasi listrik dengan memperhatikan aspek standarisasi.

“Jangan sampai memasang instalasi listrik dengan material di bawah standart karena bisa berakibat korsleting listrik, perlu adanya sosialisasi dan edukasi pada masyarakat,” ucapnya.  (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here