- Advertisement -spot_img
26.9 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaJeparaKado Hari Santri, Santri Balekambang Pamer Mobil Listrik

Kado Hari Santri, Santri Balekambang Pamer Mobil Listrik

- Advertisement -spot_img

JEPARA,suaramuria.com – Santri Ponpes Balekambang Kabupaten Jepara membangun mobil listrik. Mobil listrik yang dirakit di SMK Balekambang itu dipamerkan kepada Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek Wikan Sakarinto yang datang berkunjung, Selasa (19/20).

Fajar Alfarisi, santri SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang yang menjadi ketua tim pembuatan mobil listrik mengatakan, para santri yang tergabung di tim yang ia pimpin membangun mobil listrik selama dua setengah bulan. “Kami membuat dari nol, Alhamdulillah sudah jadi seperti ini,” katanya.

Mobil rakitan santri SMK yang berada di Desa Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari, Jepara itu merupakan prototype yang masih butuh penyempurnaan. Masih butuh banyak perbaikan, terutama dari segi bentuk dan body mobil. Mobil berbentuk semacam Jip itu ditanami lima unit baterai, masing-masing memiliki daya 12 volt.

BACA JUGA : Masuk Pondok, Santri Balekambang Dikarantina 14 Hari

“Total ada enam baterai dengan daya listrik keseluruhan 60 volt. Kendaraan ini sudah kami ujicoba dan mampu berjalan selama 2 jam dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer perjam,” katanya.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Riste Wikan Sakarinto mengapresiasi inovasi santri SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Menurut dia, kreativitas ini menjadi bukti bahwa santri tak melulu sibuk dengan ilmu agama saja.

Mobil listrik itu sekaligus menjadi kado Hari Santri Nasional yang diperingati 22 Oktober. Wikan hadir sekaligus membuka kegiatan dan memberikan pengarahan Workshop Penyusunan  Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) di Gedung Kampus Politeknik Balekambang.

Hadir pada pembukaan itu Direktur Pendidikan SMK Wardani Sugiyanto, Dekan Teknik Unnes Semarang Nur Qudus, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jateng Sunoto, Pimpinan Ponpes Balekambang KH Mustamir Wildan,  dan Direktur Politeknik Balekambang Miftahuddin, serta Kepala SMK Balekambang Arif Munzaki.

“Saya berharap inovasi ini terus kembangkan dan selalu temukan inovasi-inovasi baru yang luar biasa. Santri bisa,” kata Wikan.

Wikan juga mendorong project base learning dan teaching factory di SMK Balekambang. “Jadi siswabelajar otomotif sambil mereka menciptakan produk produk otomotif jadilah mobil ini,’’ katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here