- Advertisement -spot_img
29.9 C
Kudus
Rabu, 22 September 2021
BerandaKudusKacang Hijau Digadang jadi Komoditas Andalan Kudus

Kacang Hijau Digadang jadi Komoditas Andalan Kudus

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com –  Kacang hijau digadang-gadang menjadi komoditas andalan baru di Kabupaten Kudus. Jenis tanaman palawija ini menjadi pilihan petani di Kabupaten Kudus saat musim kemarau.

Bupati Kudus Hartopo saat menghadiri panen raya kacang hijau di Desa Larikrejo, Kecamatan Undaan, Rabu (15/9) mengatakan, pertanian kacang hijau di desa akan menjadi role model untuk dikembangkan di daerah lainnya.

Larikrejo memiliki luas lahan kacang hijau mencapai 200 hektare. “Dengan harga saat ini Rp17 ribu per kilogram, ini menjadi berkah tersendiri bagi petani. Semoga bisa menjadi role model pertanian bagi daerah lain,” kata Hartopo.

BACA JUGA : Harga Gabah Anjlok, Petani Kesulitan Pemasaran

Hartopo menaambahkan, Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan memfasilitasi kebutuhan petani. Sebagaimana yang sudah dipanen saat ini merupakan benih bantuan dari pemerintah. “Rasio keuntungan juga cukup besar. Yaitu satu banding 3,57,” katanya.

Jika diperlukan, kata Hartopo, ia akan meminta dinas terkait untuk memfasilitasi petani yang ingin studi banding ke derah lain. “Perlu juga untuk belajar dari daerah lain yang sudah berhasil. Ilmu yang didapat bisa diterapkan di desanya masing-masing,” katanya.

Dari total lahan pertanian di Kabupaten Kudus seluas 20.430 hektare, potensi luas wilayah pertanian yang bisa dioptimalkan untuk komoditas kacang hijau mencapai 4.900 hektare hingga 5 ribu hektare. Luas lahan itu tersebar di empat kecamatan.

Luas Tanam

Kasi Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Arin Nikmah mengatakan, total luas tanam kacang hijau di Kudus 3.800 hektare. Dari jumlah itu, mayoritas berada di Kecamatan Undaan, mencapai 2.800 hektare.

“Sisanya tersebar di Kecamatan Mejobo, Jekulo, dan Kaliwungu. Provitas tanaman kacang hijau mencapai 1,2 ton per hektare. Khusus undaan rata-rata 1,4 ton hingga 1,5 ton per hektare. Memang cukup tinggi di Undaan. Di kecamatan lain 1,1 ton per hektare,” katanya.

Arin menyebutkan harga kacang hijau yang mencapai Rp 17 ribu per kilogram memang cukup tinggi. Sebab rata-rata biasanya di kisaran Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram. “Harga kacang hijau saat ini memang sedang bagus sehingga menjadi berkah bagi para petani,” katanya. (srm)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: