- Advertisement -spot_img
22.9 C
Kudus
Minggu, 25 Juli 2021
BerandaKudusJelang Pembahasan Anggaran, DPRD Kudus Bedah KUA PPAS APBD 2021

Jelang Pembahasan Anggaran, DPRD Kudus Bedah KUA PPAS APBD 2021

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Sejumlah urusan wajib seperti kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur akan menjadi fokus utama DPRD Kabupaten Kudus pada pembahasan RAPBD 2021. Hal ini terungkap dalam bedah Ranperda KUA-PPAS APBD 2021 yang digelar DPRD Kudus, akhir pekan lalu.

 

Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani mengatakan, bedah ranperda yang digelar di Salatiga, 23-25 Oktober ini, dilakukan sebagai bentuk pendalaman pos-pos anggaran yang diusulkan oleh eksekutif.

“Saat ini proses pembahasan KUA PPAS APBD Kabupaten Kudus 2021 tengah berjalan. Bedah Ranperda KUA PPAS APBD Kabupaten Kudus 2021 digelar sebagai bentuk pendalaman tugas,” katanya.

BACA JUGA : Ketua DPRD Kudus Usulkan SD Negeri Unggulan di Tiap Kecamatan

Disebutkan, kegiatan yang diikuti seluruh anggota dewan ini penting untuk meningkatkan kualitas SDM legislator. Melalui kegiatan itu, para wakil rakyat semakin memiliki wawasan dan bekal untuk menjalankan fungsi legislasi yang diembannya. “Kegiatan ini menjadi bekal yang berharga bagi seluruh anggota dewan,” katanya.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah akademisi sebagai narasumber. Akademsi UNS Dr Mulyanto yang menjadi salah satu nara sumber mengatakan, APBD harus selaras dan sejalan dengan APBN.

Dalam RAPBN 2021, sejumlah prioritas anggaran sudah ditentukan. Ia mencontohkan, urusan kesehatan, pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, ketahanan pangan, perlindungan sosial, infrastruktur, dan pariwisata, menjadi prioritas.

Di tengah pandemi saat ini, kata dia, RAPBN 2021 juga  diselaraskan dengan tujuan pemulihan kegiatan ekonomi masyarakat. “Ada sejumlah mandat APBN yang harus disinkronkan juga dengan kebijakan keuangan di daerah,”tandasnya.

Dengan prioritas sebagaimana tersebut, kata dia, maka kebijakan daerah harus difokuskan pada ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, SDM yang berdaya saing, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar.

Ismail Amir, narasumber lainnya menambahkan, untuk menjaga sinergitas dan konsistensi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah, maka dalam penyusunan KUA PPAS APBD Kudus 2021 harus juga memedomani Permendagri 64/2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2021. (SRM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: