28.3 C
Kudus
Minggu, 5 Februari 2023
BerandaKudusJaga Kelestarian Lingkungan Sekolah, SMP 1 Mejobo Raih Penghargaan Adiwiyata

Jaga Kelestarian Lingkungan Sekolah, SMP 1 Mejobo Raih Penghargaan Adiwiyata

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.comSMP 1 Mejobo Kudus meraih penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. Penghargaan diterima Bupati Kudus Hartopo di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Kamis (1/12).

Penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang menerapkan menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Gerakan ini dilakukan secara berkelanjutan untuk memperbaiki lingkungan hidup. Sehingga kualitas hidup dalam lingkungan tersebut bisa menjadi lebih ‘hijau’ bagi masyarakat.

BACA JUGA : Kudus Sabet 2 Penghargaan Indonesia Awards 2022

Hadir pada kesempatan itu Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong dalam sambutannya menekankan, penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022 yang diberikan bukan hanya sekedar seremonial saja.

Tetapi lebih dari itu sebagai pelecut motivasi untuk terus meningkatkan kepedulian, komitmen, prakarsa serta inovasi dalam menjaga kelestarian.

“Yang dimulai dari lingkungan sekolah dan membiasakan siswa untuk hidup hijau,” kata Alue.

Dirinya juga mengimbau para pejabat untuk terus mendorong stakeholder dalam memperbaiki manajeman sampah, konservasi energi, menanam pohon/tanaman, sanitasi dan drainase.

Karena menurutnya, jika manajemen yang disebutkan tadi dapat terus diperbaiki kita bisa mewujudkan lingkungan yang sehat.

Menanggapi hal tersebut Bupati Hartopo mengapresiasi SMP 1 Mejobo yang selama ini telah menerapkan lingkungan yang hijau di sekolah. Dirinya mengatakan bahwa SMP 1 Mejobo ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan program lingkungan hidup yang positif ini.

Lebih lanjut melalui pihaknya Hartopo mengaku siap untuk mengikuti arahan dari Kementerian LHK untuk terus berbenah dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Tidak hanya di lingkungan sekolah-sekolah saja, namun dirinya juga siap untuk membangun kudus yang lebih hijau,” tegasnya.

BACA JUGA  Serahkan SK Pensiun Pegawai, Bupat Ajak eks ASN Berkarya di Masyarakat

Masa Depan

Hartopo juga turut mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah bersama menjaga kelestarian lingkungan, untuk masa depan yang lebih baik. Lingkungan ini juga untuk generasi mendatang dan kelestarian alam.

“Memang semua ini perlu waktu tapi akan tetap kami usahakan yang terbaik,” ujar orang nomor satu di Kudus tersebut.

Sementara itu Aksis Darmawan selaku Kepala Sekolah SMP 1 Mejobo merasa bersyukur karana sekolah yang ia bawahi itu mendapatkan penghargaan luar biasa dari Kementerian Lingkungan Hidup. d

Dirinya berjanji akan terus mempertahankan pengelolaan sampah dan merawat lingkungan sekolahnya agar selalu hijau dan ramah bagi siswa-siswi.

Menurutnya lingkungan yang hijau dan bersih ini dapat memberikan energi positif bagi generasi penerus bangsa untuk terus melestarikan alam. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini