Jadi Kades, Tiga Anggota TNI Pensiun Dini
Dandim Pati Czi Adi Ilham Zamani melepas tiga anggota TNI setelah terpilih menjadi kepala desa di Kabupaten Pati. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Tiga orang personil Kodim 0718/Pati hari ini dilepas oleh Komandan Kodim Letkol Czi Adi Ilham Zamani.

Ketiga anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu pensiun dini setelah resmi dilantik menjadi petinggi atau kepala desa dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati, 21 Desember 2019 lalu.

Tiga orang anggota Kodim Pati yang pensiun dini adlah Pelda Mustamin yang sebelumnya bertugas sebagai babinsa Koramil Margoyoso. Kini yang bersangkutan menjadi Kepala desa (Kades) Kedungsari, Kecamatan Tayu.

BACA JUGA : Kades Wajib Hindari Praktik Pungli

Kemudian Sertu Sudiman mantan Babinsa Koramil Tambakromo menjadi Kades Banjarsari, Kecamatan Gabus. Satu lainnya yakni Koptu Slamet, Babinsa Koramil Tambakromo menjadi Kades Karangwono Kecamatan Tambakromo.

Pelepasan itu dilakukan dalam acara korps raport purna tugas di halaman Markas Komando Distrik Militer Makodim 0718/Pati Senin (2/3). Dalam kegiatan itu tersebut turut dihadiri oleh Kepala Staf Distrik Militer, Ketua Persatuan Istri Kartika Chandra Kirana serta seluruh prajurit Kodim Pati.

Saya sebagai komandan Kodim bangga, selamat kepada tiga orang Prajurit Kodim Pati yang telah terpilih menjadi kepala desa di wilayahnya. Ini merupakan amanat dari masyarakat tolong laksanakan tugas kalian sebagai kepala desa sebaik-baiknya,”pesan Dandim kepada tiga orang tersebut.

Lanjutkan Pengabdian

Setelah dilakukan pelepasan dan menerima surat resmi pensiun, maka ketiga anggota TNI tersebut nantinya murni berstatus sebagai masyarakat. Mereka bukan lagi sebagai anggota TNI aktif. Meski begitu, Dandim berpesan agar mereka tidak melupakan institusi yang telah membesarkannya.

Tetaplah jaga senergitas bersama TNI dengan instansi lainnya dan lanjutkan pengabdianmu selanjutnya untuk masyarakat,”ujarnya.

Diakhir acara Korps Raport, Dandim Pati yang didampingi Ketua Persit Kodim Pati, Kasdim Pati, seluruh Danramil, perwira staf dan seluruh anggota Kodim Pati mengantar tiga orang anggota TNI yang terpilih menjadi kepala desa sampai keluar gerbang Makodim.

Mereka bahkan mengantarkan dengan menggunakan kendaraan dinas untuk diajak berkeliling Kota Pati sesuai tradisi Kodim Pati dalam melepas anggotanya yang memasuki pensiun serta pindah satuan. (SRM)

Tinggalkan Balasan