isolasi mandiri
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Seorang remaja perempuan berusia 12 tahun asal Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus dinyatakan sembuh, setelah sebelumnya divonis positif Covid-19. Ia menjalani isolasi mandiri bersama keluarganya yang juga positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, remaja tersebut dinyatakan sembuh berdasarkan hasil negatif swab ulangan dari RSMD Semarang.

“Penderita remaja perempuan 12 tahun tersebut telah dinyatakan sembuh. Termasuk empat orang lainnya yang sebelumnya positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri juga telah dinyatakan negatif,” katanya.

BACA JUGA : Jelang Lebaran, Hartopo Teken Perluasan Jam Malam

Keempat penderita yang sembuh itu semuanya perempuan. Mereka masing-masing warga Getas Pejaten, Kecamatan Jati, berusia 68 tahun dan warga Wergu Kulon, Kecamatan Kota berusia 56 tahun. Dua lainnya merupakan warga Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, berusia 26 tahun dan warga Loram Wetan, Kecamatan Jati, berusia 44 tahun.

Andini mengimbau warga tetap disiplin menerapkan jeda jarak fisik dan sosial (physical distancing). Warga juga diimbau untuk selalu mengenakan masker untuk menghindari penularan. Warga diminta untuk tetap di rumah dan beraktivitas, termasuk beribadah di rumah.

Plt Bupati Kudus Hartopo sebelumnya juga telah mengimbau, agar warga menggelar shalat Idul Fitri di rumah. Namun, ia tak melarang jika ada warga yang tetap menggelar shalat Ied di rumah maupun di lapangan terbuka.

Hartopo meminta takmir masjid maupun panitia Shalat Ied menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh jamaah.

Penerapan Jam Malam

Untuk Mengantisipasi potensi penularan Covid-19 dari kerumunan massa, Pemkab Kudus telah memperluas wilayah pelaksanaan jam malam. Kebijakan jam malam mulai Kamis (21/5) malam, mulai diterapkan pada pukul 21.00 WIB – 06.00 WIB.

Penutupan ruas jalan secara total diterapkan di jembatan Kaligelis, simpang 4 Baagil, utara masjid Agung Kudus, dan perempatan PPRK.

Pemkab juga melakukan penutupan ruas jalan secara total di perempatan SMP 2 Kudus, perempatan Sleko, dan perempatan pasar Bitingan. Gang Jalan Menur arah pasar Kliwon dan simpang 4 Jalan Ramelan Kudus juga ditutup secara total.

Sementara itu, petugas juga melakukan penutupan sebagian ruas jalan, seperti  di perempatan Jember, simpang 4 Penthol, depan Pasar Kliwon, simpang 4 Jalan Mangga, dan depan BRI Kliwon. Kawasan Balai Jagong juga masih ditutup secara total. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan