atlet terbaik liga pb djarum
Iqbal Asrullah dan Mutiara Ayu Puspitasari menyabet gelar atlet terbaik Liga PB Djarum 2020. (foto/dok : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Iqbal Asrullah dan Mutiara Ayu Puspitasari menyabet gelar atlet terbaik Liga PB Djarum 2020. Keduanya terus menampilkan permainan luar biasa sepanjang turnamen hingga mampu mengalahkan senior-seniornya.

Iqbal yang spesialis pemain ganda berhasil menyabet gelar di nomor ganda campuran U-17 dan ganda putra remaja, taruna, dan dewasa (GRA-U17 + GTA U19 + GDA). Di nomor itu, ia berpasangan dengan Dwiki Rafian restu.

Pasangan Iqbal/Dwiki sukses menekuk unggulan kedua Ivan Adi Cahyono/ Muh Putra Erwiansyah dengan skoee 21-14, 15-21, dan 21-17.

BACA JUGA :Semifinal Liga PB Djarum, Bernadine/Isyana Kuasai Sektor Putri

Turun di nomor ganda remaja campuran U-17, Iqbal yang berpasangan dengan Puspa Rosalia Damayanti juga sukses menyabet gelar juara. Mereka menundukkan pasangan unggulan ketiga Carlo Syah Gumilar/Az Zahra Ditya Ramadhani dua game langsung dengan 21-15 dan 21-13.

Sementara itu, Mutiara Ayu Puspitasari yang dinobatkan sebagai atlet terbaik liga PB Djarum menyabet gelar juara di nomor tunggal remaja putri U17.

Gelar Ganda Lainnya

Gelar ganda juga sukses diraih Gregorius Farrel Frandrico dan Bernadine Anindya Wardana. Keduanya selain juara di nomor tunggal, juga menyabet gelar di nomor ganda.

Gregorius yang turun di tunggal putra U-15 berhasil mengamankan gelar setelah dipartai final mengalahkan Hendry Leander dengan skor 21-17, 16-21, dan 24-22. Uniknya, keduanya sama-sama mengangkat gelar di nomor ganda putra U-15.

“Senang dan puji Tuhan bisa memenangkan pertandingan tadi, walaupun hampir kalah. Di game kedua bisa kalah karena mata saya sempat kelilipan, jadi fokus mainnya hilang. Game tiga, saat poin-poin akhir coba buat alihkan perhatian Hendry biar nggak fokus dia,” ujar juara Astec Sumatera Utara Open 2020.

Pada partai final ganda putra U-15, pasangan Gregorius/Hendry sukses menjegal unggulan kedua Keviano Fikri Diofani/ Selvano Delroy Wiandra. Gregorius/Hendry menjadi juara setelah menang dua game langsung dengan skor 21-13 dan 27-25.

“Saya sama sekali tidak menyangka bisa juara di dua nomor. Apalagi di ganda putra saya tidak punya target, tetapi bisa juara. Semoga ke depannya bisa terus konsisten dan mempertahankan gelar,” imbuh Gregorius.

BACA JUGA : Liga PB Djarum Cari Atlet Terbaik di Tengah Jeda Kompetisi

Walau turnamen internal ini hanya diikuti oleh atlet-atlet PB Djarum, namun Gregorius merasa cukup mendapat tantangan menghadapi rekan-rekannya. Menurutnya, Liga PB Djarum 2020 ini sangat penting untuk bekal menghadapi turnamen lainnya.

“Berat, karena lawan teman-teman sendiri. Mereka tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi sama-sama waspada. Menurut saya liga ini penting karena bisa jadi bekal ke depannya jika ada turnamen lagi,” katanya.

Dewi fortuna juga berpihak pada Bernadine Anindya Wardana. Ia memenangi gelar tunggal putri U-15 setelah mengalahkan unggulan pertama Isyana Syahira Meida. Bernadine menang dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-9.

Bernadine/Isyana berpasangan di nomor ganda putri U-15. Keduanya yang melaju hingga partai final sukses menundukkan pasangan Shandy Tirani Mahesi/Titis Maulida Rahma dua game langsung dengan skor 21-18 21-11.

Sisi Positif

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengaku bersyukur Liga PB Djarum 2020 berhasil digelar awal hingga akhir tanda kendala berarti. Yoppy mengatakan, turnamen ini berjalan bagus sekali dan sukses. Anak-anak “kenyang”, karena pertandingannya satu hari ada yang sampai enam kali bermain.

“Ini menjadi uji coba bagi anak-anak, seberapa kuat mereka fisiknya. Jika banyak yang kelelahan, berarti harus ditambah lagi latihannya, dan untuk yang kuat harus tetap dipertahankan,” katanya.

Banyak sisi positif yang didapat dari turnamen ini. Yoppy mengatakan, pelatih bisa melihat potensi lebih dari atletnya. Tidak menutup kemungkinan turnamen ini akan kembali digelar tahun depan.

“Kita lihat dulu kondisinya. Kalau Covid-19 ini berkepanjangan, bukan tidak mungkin nggak ada lagi ke depannya. Tetapi bila keadaan sudah membaik, jika berbicara dari sudut eksternal ya kita akan berhenti. Tetapi kalau dari sudut internal, jika menurut pelatih ini menjadi turnamen penting, maka bisa kita adakan lagi tahun depan,” ujar Yoppy.

Tak hanya itu, Liga PB Djarum 2020 menurut Yoppy bisa dijadikan sebagai penilaian bagi para atletnya. “Jelas ini sebagai ajang penilaian penting untuk para atlet. Turnamen ini bobotnya sudah bagus banget, sudah seperti turnamen biasanya. Di sini jadi kelihatan kemampuan para atlet,” pungkas Yoppy. (SRM)

Berikut daftar gelar juara Liga PB Djarum 2020:

  1. Tunggal putra – U15 : Gregorius Farrel Frandrico
  2. Tunggal putri – U15: Bernadine Anindya Wardana
  3. Tunggal putra – U11 +  U13: Radithya Bayu Wardhana
  4. Ganda putra – U15 + -U17 : Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage Afrizal Mahendra
  5. Ganda campuran – U19 +  dewasa: Dwiki Rafian Restu/Helena Ayu Puspitasari
  6. Ganda campuran – U17: Iqbal Asrullah/Puspa Rosalia Damayanti
  7. Tunggal putri – U17: Mutiara Ayu Puspitasari
  8. Ganda putri – U17 + U19 + dewasa : Helena Ayu Puspitasari/Sang Ayu Putu Kharisma Maharani
  9. Tunggal putra – U17 : Jason Christ Alexander
  10. Ganda putra – U17 + GTA-U19 + dewasa : Dwiki Rafian Restu/Iqbal Asrullah
  11. Tunggal putri – U11 + U13  : Shaafiya Yasmin Maitsaa
  12. Tunggal putra – U19 + dewasa  : Bagas Kristianto Nugroho
  13. Tunggal putri – U15 + U17 + U19 + dewasa: Aisha Galuh Maheswari
  14. Ganda putri – U15  : Bernadine Anindya Wardana/Isyana Syahira Meida
  15. Ganda campuran- U15  : Anselmus Breagit Fredy Prasetyo/Titis Maulida Rahma
  16. Ganda putra – U15 : Gregorius Farrel Frandrico/Hendry Leander

Tinggalkan Balasan