Ina Upayakan APD Petugas Puskesmas
Anggota DPRD Jateng Kartina Sukawati membagikan masker, sarung tangan, dan sabun pencuci tangan ke Puskesmas. (suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com-Anggota DPRD Jawa Tengah Kartina Sukawati menyatakan simpatinya kepada tenaga kesehatan dalam masa pandemi virus korona (Covid-19) saat ini. Wanita yang akrab disapa Ina tersebut sekaligus prihatin atas keterbatasan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

“Kami melihat penunjang untuk perlindungan diri tim medis di Puskesmas-Puskesmas masih minim sehingga kami membantu seadanya. Untuk APD akan kami sampaikan menyusul karena masih dalam proses pemesanan,” ujarnya saat mendatangi sejumlah Puskesmas di Pati, Kamis (9/4).

Dalam safari yang dia sebut sebagai tilik daerah pemilihan (Dapil) itu, merupakan bagian pemantauan kegiatan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Sejalan dengan itu, dirinya membawa 150 masker, dua lusin sabun cuci tangan (hand wash), dan 200 sarung tangan untuk dibagikan di Puskesmas Sukolilo, Tambakromo, Kayen, dan Gabus.

Beberapa hari ke depan Ina mengaku masih akan berkeliling dengan menyambangi seluruh Puskesmas di Kabupaten Pati. Tidak sebatas di Pati, dia juga akan melakukan pemantauan sekaligus menyampaikan bantuan pada Puskesmas di Rembang.

BACA JUGA: Relawan Marwan Bagikan Puluhan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer

“Tadi saya juga sempat mampir ke UMKM pembuat masker yang ada di Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus. Kami memotivasi semua pihak untuk saling mendukung dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Mantan wakil bupati Pati itu mengaku, seharusnya dirinya bekerja dari rumah dan tidak berkegiatan ke luar. Namun, dia memiliki kewajiban untuk memantau sejauhmana kegiatan yang dilakukan pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya di Dapilnya yang meliputi Kabupaten Pati dan Rembang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dia mengapresiasi tim medis di level Puskesmas yang masih semangat untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Ina berharap motivasi itu berlipat dengan dukungan dari berbagai pihak.

Mengenai kesulitan mendapatkan APD, menurutnya tengah diupayakan banyak pihak. Masing-masing pemerintah kabupaten/kota menurutnya berupaya keras untuk mendapatkan. Kesulitan itu pun direspon pihak lain dengan turut mengupayakan pengadaan.(SRM)

Tinggalkan Balasan