- Advertisement -spot_img
26.3 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaKudusIbu-ibu di Kudus Dilatih Mengolah Susu Goreng dan Burger Sehat

Ibu-ibu di Kudus Dilatih Mengolah Susu Goreng dan Burger Sehat

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Susu dan daging memiliki nilai ekonomi lebih jika diolah menjadi menu olahan kreatif. Melihat pangsa pasar yang masih terbuka luas, sejumlah ibu-ibu di Kabupaten Kudus dilatih mengikuti pelatihan membuat susu goreng dan burger sehat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Rabu (24/11).

Kepala Dinas Pertanian Sunardi mengatakan, pelatihan ini merupakan kerjasama Pemkab Kudus dengan Pemprov Jateng. “Ini kegiatannya Pemprov Jateng untuk ibu-ibu di Kabupaten Kudus agar memiliki usaha kreatif yang bisa membantu pendapatan keluarga,” katanya.

Kasi Usaha Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kudus Dwi Listiani menambahkan, peserta Binteng Pengolahan Hasil Peternakan ini dilatih membuat menu kreatif berupa susu goring dan burger daging.

BACA JUGA : Margorejo Kenalkan Potensi Desa Lewat Pasar Winong Sari Joyo

Dua menu itu dipilih karena selain bahan baku melimpah, juga pengolahannya tidak rumit. Jika ditekuni secara serius, peserta bisa mengembangkannya menjadi usaha rumahan yang bisa membantu menambah pendapatan keluarga.

Melalui pelatihan ini, peserta diajak berkreasi dengan menu olahan hasil peternakan. Menu yang dihasilkan pun tetap memiliki nilai nutrisi tinggi. “Jadi selain tampilannya menarik, yang ditekankan juga menu olahan ini tetap sehat dan memiliki nilai nutrisi yang tinggi,” katanya.

“Selain pelatihan, ada empat peserta yang mendapat bantuan peralatan senilai Rp 3 juta lebih dari Pemprov Jateng. Bantuan ini merupakan usulan tahun 2020,” katanya.

Penerima bantuan itu berasal dari Kecamatan Gebog sebanyak dua orang dan masing-masing satu orang warga Kecamatan Mejobo dan Jekulo.

Lilis berharap pelatihan ini menjadi bekal bagi peserta yang berasal dari anggota PKK dan Dharma Wanita untuk meningkatkan kesehajteraan keluarga. “Dengan ilmu yang didapat di pelatihan ini bisa menjadi bekal peserta untuk membuka usaha sendiri,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here