Hartopo : Banyak Pejabat Tak Sesuai Kompetensi
Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kudus diambil sumpah pada pelantikan di pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (17/1). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Untuk pertama kalinya sejak menjabat Plt Bupati Kudus, Hartopo merombak SOTK atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kudus, Jumat (17/1/2020).

Satu OPD yakni Bagian Perlengkapan dan Keuangan dihapus. Satu OPD baru yakni Bagian Protokoler dan Komunikasi dibentuk.

Pelantikan 137 pejabat ini merupakan yang pertama dalam kepemimpinan Plt Bupati Kudus Hartopo. Ia menegaskan penyusunan SOTK ini bebas dari unsur jual beli jabatan.

“Bisa ditanyakan ke masing-masing (pejabat). Jika ada yang bisa menemukan indikasi jual beli, ada yang membayar, saya bayar balik. Silakan temukan dan buktikan, akan saya bayar,” katanya.

BACA JUGA : Hartopo Tak Tahu Ada Anggaran Mobdin Baru Pimpinan DPRD

Hartopo menambahkan, penyusunan SOTK ini menjadi bagian pengembalian pejabat ke posisi sesuai kompetensianya. Pada pelantikan pejabat sebelumnya di era HM Tamzil, Hartopo mengungkapkan banyak yang diposisikan tidak sesuai kompetensinya.

“Ada pejabat kesehatan yang ditempatkan di kelurahan, atau bagian lainnya. Imbasnya mereka tidak bisa bekerja maksimal. Dalam SOTK ini kami kembalikan sesuai kompetensinya,” katanya.

Dia menambahkan, mutasi dan pelantikan adalah hal biasa di lingkungan pemerintahan. Ia berharap seluruh yang dilantik bisa bekerja secara maksimal di posisinya yang baru.

“Nanti akan ada evaluasi rutin atas kinerja seluruh pejabat dan pegawa di lingkungan Pemkab Kudus. Kami berharap ada terobosan yang inovatif dan sistematis untuk kepentingan pemerintahan dan pelayanan masyarakat,” kata Hartopo.

Dari total sebanyak 137 pejabat yang dilantik, tujuh di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Eko Hari Djatmiko yang sebelumnya Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus dilantik definitif.

Formasi dua camat juga diubah. Camat Mejobo Harso Widodo dipindah menjadi Camat Kaliwungu. Posisi Camat Mejobo yang kosong diisi Mohammad Fitrianto, yang sebelumnya sekretaris dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa. (SRM)

Tinggalkan Balasan