forkompimda positif covid-19

KUDUS, suaamuria.com – Plt Bupati Kudus Hartopo mengakui adanya orang di lingkaran dekat unsur Forkompimda yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, ia enggan merinci siapa saja orang dekat Forkompimda yang terkonfirmasi itu.

Hartopo menambahkan, konfirmasi itu diterima saat unsur Forkompimda beserta ajudan termasuk sopir menjalani swab massal beberapa waktu lalu. “Ada memang, satu keluarga (forkompimda positif Covid-19). Untuk hasil jajaran forkompimda lainnya Alhamdulillah negatif semua, tidak ada masalah,” katanya, Selasa (23/6).

Terkait lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus, Hartopo menyebutkan karena masifnya pelaksanaan swab massal baru-baru ini. Hal ini tentunya bagus karena penderita bisa cepat diketahui agar bisa secepatnya mendapat penaganan.

BACA JUGA : Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Kudus Nyaris Overload

Selain itu, ia juga mendorong warga tertib menjalankan prtokol kesehatan. Selain mengenakan masker saat bepergian, ia juga meminta warga untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun, atau memakai hand sanitizer.

Hartopo mengatakan, tingkat kepatuhan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan sudah semakin baik. Ia memperkirakan tingkat warga di Kabupaten Kudus yang patuh sudah mencapai 60 persen. Terutama dalam hal kewajiban mengenakan masker saat keluar rumah.

“Sudah bagus, hal ini harus perlu dibudayakan. Selain mengenakan masker juga rajin cuci tangan menggunakan sabun harus menjadi kebiasaan masyarakat,” katanya.

Pekerja pabrik

Hartopo menambahkan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pimpinan daerah tetangga seperti Jepara. Pasalnya, angka lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jepara juga cukup tinggi.

Di sisi lain, banyak warga Kabupaten Kudus yang bekerja di pabrik-pabrik di wilayah Kecamatan Mayong, Jepara.

“Kalau dilarang bekerja kan tidak mungkin. Yang penting protokol kesehatan dilaksanakan secara disiplin. Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati Jepara membahas hal ini,” katanya.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kudus menyebutkan total sebanyak 188 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus. Jumlah itu terdiri atas 133 kasus dari dalam wilayah dan 55 kasus dari luar wilayah.

Rincian kasus dalam wilayah Kabupaten Kudus tercatat sebanyak 59 pasien dirawat, 30 kasus isolasi mandiri, 36 pasien sembuh dan delapan kasus meninggal. (SRM)

Tinggalkan Balasan