26.2 C
Kudus
Minggu, 29 Januari 2023
BerandaRembangHari Santri 2022, Santri Jangan Melupakan Tugasnya

Hari Santri 2022, Santri Jangan Melupakan Tugasnya

- Advertisement -spot_img

Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar upacara peringatan Hari Santri 2022 di halaman kantor Bupati Rembang, Sabtu (22/10/2022). Ratusan santri turut hadir dalam upacara tersebut.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan peringatan Hari Santri tahun ini mengambil tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Tema tersebut relevan mengingat santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia ketika bangsa memanggil.

Santri tidak pernah mengatakan tidak. Dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” imbuhnya.

Pada fase penjajahan, para santri turun berperang mengangkat senjata melawan penjajah. “Resolusi Jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy’ari membakar semangat pemuda-pemuda Surabaya melawan Belanda. Mereka tak gentar melawan musuh, ” tambahnya.

Bupati Rembang menjadi inspektur upacara hari Santri 2022

Di Semarang, ketika pecah pertempuran lima hari di Semarang, para santri juga turut berada di garda depan perjuangan. Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. KH. Wahid Hasyim, ayah KH. Abdurrahman Wahid, terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan.

Hafidz menjelaskan pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dunianya sendiri, tetapi aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan dan agama.

Bupati yang juga pernah nyantri ini mengungkapkan catatan-catatan sejarah menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara.

Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

BACA JUGA  Kantor Pos Rembang Mulai Cairkan BST

Usai upacara Hari Santri 2022, para peserta dihibur dengan penampilan apik dari  marching band MTs Assathi, Kecamatan Sedan.()

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini