- Advertisement -spot_img
22.9 C
Kudus
Minggu, 25 Juli 2021
BerandaMuria Suatu MasaGunung Muria Tempat Latihan Militer Teroris

Gunung Muria Tempat Latihan Militer Teroris

- Advertisement -spot_img

JAKARTA – Kelompok teroris Abu Dujana pernah menggunakan Gunung Muria sebagai tempat latihan militer. Selain Gunung Muria, mereka juga mengunakan Gunung Sindoro  dan perairan laut Weleri, Kendal, Jawa Tengah.
7 tersangka teroris sayap militer Al Jamaah Al Islamiyah mengungkapkan hal ini setelah tim Polri menangkap mereka. “Mereka mendapatkan latihan militer di daerah-daerah itu. Selama pelatihan langsung di bawah komando Abu Dujana yang mereka sebut ‘guru’,” kata Direktur I Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Suryadharma dalam jumpa pers di Mako Brimob DIY, Jalan Baciro, Yogyakarta, Selasa (3/4/2007).

Suryadharma menyebut jaringan teroris ini bahkan lebih berbahaya dari kelompok bom Bali. Suryadharma yang juga sebagai Komandan Satgas Antiteror Mabes Polri ini mengatakan, dari penggeledahan 7 tersangka teroris, aparat menemukan total 20 bom aktif, 715 kg potasium klorat, 33,5 kg TNT, 1.161 peluru pistol, dan 193 detonating core. “Kasus bom Bali, TNT hanya 15 kg dan detonating core hanya 17,” katanya.

Suryadharma menambahkan kelompok ini juga mempunyai kemampuan pemantauan, penyadapan, pelacakan alat, dan mengatasi jika seorang anggota mereka tertangkap. Mereka akan memutus hubungan jaringan terhadap anggota yang tertangkap .”Mereka punya banyak pola dalam jamaah untuk berhadapan dengan polisi. Ini tidak mengherankan karena Abu Dujana seorang ahli militer, 6 tahun di Afghanistan, 4 tahun di Mindanao,” jelas dia.

Struktur jaringan Al Jamaah Al Islamiyah mengalami perubahan. Antara lain sebutan masing-masing posisi di sayap militer menamakan diri Sariyah/Qoriyah/Askari. Mereka mempunyai tugas masing-masing, yaitu menyimpan dan memelihara amunisi, melakukan peledakan, dan sebagai kurir. (litbang SRM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: