26.2 C
Kudus
Minggu, 29 Januari 2023
BerandaRembangGubernur Ganjar Ajak Daerah Lain Tiru Festival Desa Wisata di Rembang

Gubernur Ganjar Ajak Daerah Lain Tiru Festival Desa Wisata di Rembang

- Advertisement -spot_img

Festival Desa Wisata se-Kabupaten Rembang tahun 2022 telah digelar selama dua hari di pendapa museum RA Kartini, mulai tanggal 15 sampai 16 Oktober 2022. Desa Sendangasri keluar sebagai juara 1 menyisihkan puluhan desa wisata lainnya.

Dalam kesempatan itu, di hadapan puluhan perwakilan desa wisata, Bupati Hafidz menyampaikan festival ini bertujuan memotivasi desa-desa wisata dan yang tengah mengembangkan potensinya.

Di sisi lain, Bupati menyampaikan bahwa desa wisata harus memiliki keunikan jika ingin terus eksis. Tidak perlu menghabiskan banyak anggaran ataupun bangunan mewah, karena menurutnya itu bukan jaminan.

“Bapak ibu kepala desa kita tidak harus menghabiskan biaya banyak supaya wisatawan berkunjung ke desa. Tapi kalau kita mampu menjual keunikan, karakter desa, justru itu yang diminati banyak orang,” ungkapnya.

Bupati menuturkan bahwa pengembangan destinasi wisata di desa mampu meningkatkan perekonomian warga setempat. Melihat efek positif itu, Bupati pun sembari bercanda mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tak usah ragu memberikan bantuan anggaran bagi seluruh Desa Wisata di Kota yang memiliki 28 Desa Wisata yang telah ber SK Bupati.

“Syukur kalau tadi ada Rp.18,5 milyar (anggaran Pemprov untuk bantu Desa Wisata-red). Di Rembang satu desa Rp 150 juta atau Rp 200 juta, ini saya ungkapkan untuk mengentaskan kemiskinan, gerakan desa wisata ini salah satu upaya agar desa menjadi mandiri, ” terangnya.

Pesan dari Bupati, desa wisata tidak boleh hanya mengejar keindahan fisik saja. Tetapi bagaimana mampu menyiapkan pendukungnya, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keramahan warga dan Kebersihannya.

Cerdas Menangkap Peluang

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutannya yang dibacakan Riyadi Kurniawan, Sub Koordinator Pengembangan Daya Tarik Wisata DISPORAPOR Jateng mengaku senang dengan festival ini.

BACA JUGA  Desa Temulus Sulap Lahan Langganan Banjir Jadi Objek Wisata

“Dengan adanya Festival desa wisata ini artinya sudah banyak terdapat desa Wisata di Rembang. Yang berarti Rembang cerdas dalam menangkap peluang dan mengelola potensi yang ada, ” ungkap Ganjar.

Gubernur Ganjar Ajak Daerah Lain Tiru Festival Desa Wisata di Rembang 2

Ganjar berharap daerah lain bisa meniru langkah Rembang dalam mendorong pengembangan desa wisata. Lebih lanjut, Ganjar menyebut terdapat sejumlah langkah untuk mengembangkan desa wisata, antara lain edukasi, meningkatkan kualitas keunikan, memperbaiki sarana dan menyiapkan akomodasi yang layak.

Selain itu menyiapkan rumah makan khas daerah, kuliner, transportasi lokal unik, seperti andong, becak khusus, sepeda ontel. Kemudian menyiapkan informasi desa serta petunjuk jalan yang jelas, bekerja sama dengan akademisi, kampus, pemerintah, biro travel serta stakeholder lainnya, ” imbuhnya.

Strategi marketing, promosi dan branding juga menjadi faktor penting dalam pengembangan desa wisata. Gubernur yang hobi bersepeda itu juga mengingatkan untuk memaksimalkan media sosial. “Saya bisa bantu lewat akun medsos saya maupun pemprov, termasuk promosi umkm melalui lapak ganjar, ” tandasnya.


()

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini