- Advertisement -spot_img
24.7 C
Kudus
Sabtu, 8 Mei 2021
BerandaKudusGandeng Industri, UMK Targetkan Jadi Kampus Merdeka

Gandeng Industri, UMK Targetkan Jadi Kampus Merdeka

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Universitas Muria Kudus (UMK) menyiapkan kurikulum kampus merdeka dengan menggandeng kalangan industri. Retor UMK Darsono mengatakan, kurikulum kampus merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh bahan ajar sesuai kebutuhan kalangan industri.

Ditemui usai pelantikan wakil rektor di Auditorium UMK, Kamis (4/2), Darsono mengatakan, pihaknya ingin membuat terobosan sebagai tuntutan adanya aglomerasi industr dan korporasi kelas di Kabupaten Kudus.

“Tren sebelumnya hanya tukar menukar mahasiswa atau dosen dengan kampus lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ke depan akan dikembangkan dengan kalangan industri. Tujuannya tidak hanya magang saja, namun mahasiswa juga belajar secara riil kebutuhan industri sesuai bidang keilmuannya,” katanya.

BACA JUGA : 50 Mahasiswa UMK Terima Beasiswa Bank Indonesia

Darsono mengatakan, pihaknya menginginkan kerjasama dengan industri untuk membuat arah kebijakan pembelajaran yang unik dalam kerangka kampus merdeka. Menurut dia, ada peluang besar kerjasama dengan industri mengingat Pemerintah Pusat menawarkan insentif pajak bagi industri yang menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan.

“Dunia pendidikan saat ini memang agak senggang dengan dunia industry, sehingga perlu ada jembatan. Jika berhasil tentunya bisa direplikasi di tempat lain,” katanya.

Darsono ingin meniru keberjasilan Jepang dalam mewujudkan hubungan saling membutuhkan antara institusi pendidikan dan industri. “Menyebut industri tidak melulu pabrik-pabrik besar yang menghasilkan produk jadi. Sektor-sektor lain seperti lembaga pemerintahan juga bisa terlibat dalam mewujudkan kampus merdeka.

Dia menambahkan, empat wakil rektor baru yang telah dilantik diminta segera menyusun kurikulum dan menjalin kerjasama dengan kalangan industri. “Dalam satu tahun ini kami berharap kurikulum kampus merdeka di UMK sudah bisa terwujud,” katanya.

Empat wakil rektor baru UMK yang telah dilantik masing-masing Wakil Retor I Bidang Akademik Sulistyowati, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Keuangan, Kepegawaian, dan Aset Solekan, Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan dan Alumni Joko Utomo, dan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Achmad Hilal Madjdi. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: