PATI, Suaramuria.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kini tengah menggalakkan Jateng Ijo Royo-Royo. Upaya penanaman pohon pun kian dimasifkkan di daerah-daerah.

Langkah itu seperti yang digelar di Desa Pelemgedhe, Kecamatan Pucakwangi. Bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK), warga masyarakat melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan desa.

Kasubag TU pada CDK Pati Ninik mengatakan, penanaman tidak hanya dilakukan di Desa Pelemgede, tetapi ada juga di desa lain. Karena ini adalah program penghijauan provinsi, sehingga nanti setiap desa yang mengajukan bibit tanaman, akan kami berikan.

“Untuk Desa Pelemgede ini kami berikan bibit sekitar 750 bibit,”ujarnya kemarin.

Tak hanya sebatas pada penanaman pohon saja, pihaknya pun akan melakukan pemantauan dan monitoring. Sehingga diharapkan proses penanaman pohon tersebut bisa dimaksimalkan kedepannya.

“Kami pun turut berharap agar pemerintah desa bisa menjaga dengan baik tanaman yang telah ditanam saat ini,”ujarnya.

Sementara Kades Pelemgede Hadi Mustamar mengatakan, diantara ratusan bibit pohon dikatakannya terdiri dari tanaman keras dan buah-buahan. Untuk tanaman buah seperti bibit nangka, mangga, kelengkeng, juwet dan lain sebagainya.

“Khusus untuk buah-buahan, kami akan berikan kepada warga agar nanti bisa ditanam di pekarangan rumahnya. Dengan begitu masyarakat bisa merawatnya sekaligus mendapatkan manfaat secara langsung,”ujarnya.

Selain itu pemerintah desa juga turut melibatkan warga masyarakat untuk turut memelihara tanaman yang sudah ditanam itu.

“Dengan begitu, perawatannya akan lebih mudah. Karena semua warga yang dekat dengan penanaman pohon ini, merela bisa turut menjaga dan merawat tanamannya,”imbuhnya.(srm)

Tinggalkan Balasan