- Advertisement -spot_img
23.8 C
Kudus
Selasa, 29 November 2022
BerandaJeparaEkspor Mebel Jepara Anjlok 50 Persen Akibat Perang Rusia

Ekspor Mebel Jepara Anjlok 50 Persen Akibat Perang Rusia

- Advertisement -spot_img

JEPARA – suaramuria.com – Pengusaha mebel di Kabupaten Jepara kelimpungan menyusul anjloknya omzet ekspor mebel Jepara ke Eropa akibat krisis perang Rusia- Ukraina.

Pengiriman ekspor selama satu semester terakhir mengalami penurunan drastis, terutama dari pasar Eropa dan Amerika. Pasar domestik juga turun omset sampai kisaran 40-50 persen.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung lama, karena belum ada tanda-tanda konflik di Eropa akan berakhir

BACA JUGA : Sarwi, Difabel Kreatif di Pati Terampil Membuat Mebel

Kondisi ini terungkap pada acara jagong  bareng yang digelar  Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia(HIMKI) Jepara Raya di Enjang Coffee, Rabu (28/9) malam.

Kegiatan ini dihadiri pimpinan DPRD Jepara Junarso, Pratikno dan Nuruddin Amin, Anggota Komisi B DPRD Jepara Chairul Anwar, Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Eriza Rudi Yulianto, dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Samiadji.

Hadir pula Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah yang juga Ketua Umum Kadin Jepara Andang Wahyu Trianto, serta Ketua Apindo Jepara Syamsul Anwar.

Ajar Tri, salah seorang pengusaha mebel di Jepara menuturkan, adanya penurunan jumlah shipment secara rata-rata mencapai 50 persen bahkan lebih. “Tarif sudah turun, tapi minim volume pengiriman,” katanya.

Maskur Zaenuri, Presidium DPP HIMKI,  menyampaikan fakta bahwa di negara-negara Eropa, masyarakat tidak ada lagi kemampuan untuk untuk membeli perabot di tengah inflasi yang membubung.

Maskur juga menyampaikan kritik kepada eksekutif soal Perda Mebel No. 2 Tahun 2014 yang sudah ‘mangkrak’ selama 8 tahun, dan tidak dibuatkan peraturan teknis di bawahnya dalam bentuk Perbub atau sejenisnya.

Dia juga mempertanyakan tentang ketidakseriusan para pemangku kebijakan terkait bantuan DAK sejumlah puluhan milyar dari Kementrian Perindustrian untuk terwujudnya Material Center kayu di Jepara. (srm)

BACA JUGA  Anggota DPRD Jepara Sebut Mosi Tidak Percaya Sebatas Teguran
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini