27.4 C
Kudus
Kamis, 9 Februari 2023
BerandaKudusDPRD Kudus Komitmen Sahkan RAPBD 2023 Tepat Waktu

DPRD Kudus Komitmen Sahkan RAPBD 2023 Tepat Waktu

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus berkomitmen membahas dan mengesahkan RAPBD 2023 tepat waktu. DPRD menggelar rapat paripurna penjelasan bupati Kudus terhadap Ranperda APBD 2023 di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kudus, Senin (31/10).

Ketua DPRD Kudus Masan menargetkan RAPBD 2023 akan ditetapkan tepat waktu, maksimal pada minggu kedua Bulan November.

Ia mengatakan, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kudus telah menjadwalkan rapat paripurna penyampaikan pandangan umum fraksi dan rapat kerja Banggar dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

BACA JUGA : Bapemperda DPRD Kudus Tagih Draf Ranperda Usulan Eksekutif

“Sesuai jadwal Banmus, RAPBD 2023 akan ditetapkan pada 23 November mendatang. Anggota DPRD Kudus berkomitmen agar penetapan RAPBD 2023 tepat waktu, sehingga program kerja tahun depan berjalan optimal,” katanya.

Postur Anggaran

Dalam penjelasannya Bupati Kudus menyampaikan Pendapatan Daerah tahun 2023 diproyeksikan sebesar Rp 1,7 triliun. Anggaran sebesar itu berasal dari target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar  Rp 426,6 miliar dan pendapatan transfer yang diproyeksikan sebesar Rp 1,3 triliun.

Sementara Belanja Daerah diproyeksikan mencapai  Rp 1,9 triliun. Anggaran belanja itu meliputi belanja operasional sebesar  Rp 1,4 triliun, belanja modal sebesar Rp 151,5 miliar, belanja tidak terduga sebesar Rp 4 miliar, dan belanja transfer sebesar Rp 279,1 miliar.

Defisit anggaran sebsar Rp 146,8 miliar akan ditutup dengan pembiayaan daerah.

RAPBD 2023
Ketua DPRD Kudus Masan memimpin rapat paripurna penjelasan bupati Kudus tentang RAPBD 2023, Senin (31/10). (foto : suaramuria.com/dok)

Dalam pejelasannya Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, dalam penyusunan RAPBD 2023 ini belum mempertimbangkan besaran dan penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU). Pada tahun 2023, DAU dibagi dalam dua kelompok yaitu DAU yang ditentukan penggunaannya dan DAU yang tidak ditentukan penggunaannya.

“Sampai dengan saat ini PMK terkait penggunaan DAU belum ditetapkan. Ketika nanti PMK ditetapkan, maka RAPBD 2023 nantinya akan dilakukan penyesuaian,” katanya.

Pelaksanaan Kegiatan

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kudus Muhtamat mengatakan, komitmen DPRD Kudus untuk mengesahkan RAPBD 2023 tepat waktu harus juga disikapi serius oleh pihak eksekutif. Ia berharap seluruh kegiatan yang ada sudah terlaksana selambatnya pada pertengahan tahun.

BACA JUGA : Gulirkan Inovasi ‘Fast Com de Jure’, Ketua DPRD Kudus Masan Sabet Penghargaan Indonesia Awards 2022

Ia menyoroti masih banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di akhir tahun, terutama program kegiatan fisik.

“DPRD selalu mengesahkan RAPBD tepat waktu. Harapannya tahapan seluruh kegiatan langsung bisa gaspol sejak awal tahun. Tetapi selalu saja hingga saat ini masih banyak lelang dan kegiatan fisik yang baru dikerjakan di akhir tahun,” katanya.

Muhtamat mengatakan, program kegiatan fisik sarana dan prasaran umum sangat dinantikan oleh masyarakat. Dengan dikerjakan di awal tahun, setidaknya masyarakat bisa segera memanfaatkan hasil pembangunan daerah. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini