kawasan wisata kudus
Penebaran benih di Waduk Logung, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Rabu (9/9) siang. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Sejumlah kawasan wisata di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dihijaukan dengan ribuan pohon buah-buahan. Kegiatan penghijauan ini melalui program Djarum Trees For Life, Bhakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) bekerja sama  dengan Kepolisian Resor Kudus dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Total sebanyak 310 bibit pohon yang disumbangkan BLDF, berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT). Jenis tanaman merupakan pohon buah-buahan seperti mangga, jambu air, petai, alpukat, durian, gayam, keben, mentega, dan tebueia rosea atau terompet merah.

Penanaman dilakukan secara bertahap. Dua lokasi penanaman yakni area Waduk Logung dan di Desa Kandang Mas, Kecamatan Dawe. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Logung dan Puser Angin Butuh Konektivitas Akses Wisata

Kegiatan penghijauan ini ditandai dengan seremoni penanaman yang dilakukan di area Waduk Logung pada Rabu (9/9).

Hadir dalam seremoni tersebut Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, dan Plt Bupati Kudus Hartopo. Hadir juga Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, serta Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji.

“Kami sangat mendukung upaya penghijauan yang dilakukan melalui kemitraan antara Polda Jawa Tengah, khususnya Polres Kudus, bersama Djarum Foundation. Ini bukti kepedulian terhadap lingkungan melalui berbagai programnya,” jelasnya.

Kegiatan menunjukan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik, lebih hijau, dan lebih nyaman bagi kita dan generasi yang akan datang.

Wisata Alam

Upaya penghijauan dilakukan di Kecamatan Dawe tidak terlepas dari banyaknya tempat wisata, khususnya wisata alam yang berada di wilayah tersebut.

Pihaknya menyebut Waterpark Mulia Wisata, Air Terjun Montel, Air Terjun Watu Gompeng, dan Wisata Alam Ternadi. Melalui penghijauan, diharapkan dapat meningkatkan keasrian lingkungan dan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.  

“Menjaga lingkungan agar tetap hijau merupakan kewajiban kita bersama, baik pemerintah, swasta hingga elemen masyarakat,” jelasnya.

Kawasan wisata yang nyaman dan asri dapat membuat wisatawan bahagia, sehingga mereka tidak segan untuk kembali berkunjung. Pihaknya berharap kegiatan yang sudah berjalan bersama Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Djarum Foundation mendorong.

”Diharapkan, kegiatan mendorong generasi muda semakin mencintai dan menjaga lingkungan,” ungkapnya.

BACA JUGA : Penutupan Sementara Bukit Puser Angin Tekan Potensi Gesekan

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengapresiasi jajaran Polda Jawa Tengah dan Polres Kudus yang peduli terhadap keasrian lingkungan, utamanya di wilayah Kecamatan Dawe.

Djarum Foundation berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Dampak Positif

Penanaman bersama Polda Jawa Tengah ini diharapkan memberi dampak positif yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya di Kecamatan Dawe.

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk terus melakukan pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global.” imbuhnya.

Pihaknya berkomitmen menjalin kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat. Institusinya menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jawa Tengah dan Polres Kudus untuk sama-sama menjaga bumi demi terus terjaganya lingkungan hidup demi masa depan.

”Inisiatif merupakan kelanjutan dari kemitraan Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menghijaukan bumi, yang meliputi penanaman maupun pelatihan perawatan penghijauan,” ungkapnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan