dishub pati
Petugas memeriksa suhu tubuh pemudik yang baru tiba. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Dishub Pati menyiagakan posko pemantau kedatangan pemudik di terminal induk Kembang Joyo. Pemudik sudah mulai berdatangan di Kabupaten Pati.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati telah mengambil langkah strategis dengan datangnya sejumlah perantau dari berbagai daerah ke Pati. Saat ini Dishub telah menyiagakan posko pemantau di terminal induk Kembang Joyo.

Posko itu mulai disiagakan sejak Senin (30/3/2020). Selain dari Dishub Pati, di posko tersebut juga turut menggandeng personil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dan anggota Satlantas Polres Pati.

Kepala Dishub Pati Sudarlan mengatakan, upaya itu dilakukan semata-mata untuk mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai persebaran virus korona. Dengan adanya posko itu diharapkan dapat dilakukan deteksi dini serta meminimalisir persebaran.

“Kami telah siagakan posko tersebut di terminal. Sehingga setiap penumpang bus antar kota antar kabupaten (AKAP) akan kami minta turun untuk dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

BACA JUGA : Masjid Agung Pati Tak Gelar Shalat Jumat

Diantaranya yakni penumpang dan sopir akan dilakukan pengecekan terhadap suhu tubuhnya. Selain itu mereka juga diminta untuk mencuci tangan dengan sabun yang telah disiapkan oleh petugas.

“Tentunya kami juga lakukan pendataan baik terhadap identitas para penumpang, maupun asal dan tujuan mereka nantinya,” katanya.

Posko itu sendiri rencananya akan disiagakan setidaknya untuk satu minggu kedepan. Namun bila tim Gugus anti Korona Kabupaten Pati menilai butuh diperpanjang, pihaknya mengaku siap untuk melanjutkan.

“Ini tentu menjadi langkah Dishub untuk membantu pemerintah. Kami pun berharap adanya dukungan dari seluruh masyarakat. Karena tentunya untuk kebaikan bersama,” ujarnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan