swab massal di polsek gebog
Anggota Polres Kudus mengikuti pengambilan sampel swab di Polsek Gebog, Senin (8/6). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus melakukan pengambilan sampel swab massal di Polsek Gebog, Senin (8/6). Sebanyak 41 orang mengikuti uji swab, 20 orang diantaranya merupakan anggota Polres Kudus.

Uji swab digelar setelah anggota Polsek Gebog melakukan kontak langsung dengan pasien positfi Covid-19 di Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Kontak langsung itu terjadi pada acara bakti sosial di Desa Padurenan, beberapa waktu lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, swab massal ini digelar setelah anggota Polsek Gebog melakukan kontak, dengan salah satu pasien positif Corona di Desa Padurenan.

BACA JUGA : Lab Biomolekuler Diresmikan, Biaya Uji Swab Ditanggung APBD

Kontak itu tersjadi saat acara bakti sosial. Selain anggota Polsek Gebog, sejumlah anggota Polsek Bae juga ikut swab massal tersebut. “Swab massal di Polsek Bae ini dilakukan setelah adanya pelacakan kontak erat pasien Covid di Padurenan,” kata Andini.

Usai menjalani swab, lanjut dia, mereka diminta untuk tertib melakukan karantina mandiri.. “Anjurannya memang menjalani karantina mandiri, sembari menunggu hasil swab keluar,” katanya.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kudus AKBP Catur Gatot Efendi kepada wartawan membenarkan ada dua anak buahnya yang melakukan isolasi mandiri. Keduanya bertugas di Polsek Gebog dan Polsek Bae.

Hanya saja, ia tak menyebutkan status dari dua personelnya tersebut. Apakah terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak. “Dua orang yang isolasi mandiri sampai saat ini. Kami masih menunggu hasil swab keluar,” katanya.

Catur menambahkan, kegiatan swab juga akan terus dilakukan di sejumlah polsek lainnya. “Jadi tidak hanya Polsek Gebog dan Bae saja, sebelumnya di Polsek Kaliwungu juga sudah. Semoga bisa dilakukan menyeluruh,” katanya.

Dia menegaskan, pelayanan di semua sektor jajaran Polres Kudus terus dibuka. Ia berharap warga tak camas dengan adanya kegiatan tersebut. “Swab dilakukan untuk antisipasi. Jadi jangan panik dengan kegiatan ini,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan