suara muria difabel
Plt Bupati melihat produk tas hasil kerajinan penyandang disablitas di Kabupaten Kudus. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com– Plt Bupati Kudus Hartopo menjanjikan bakal merekrut tenaga kontrak dari para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus. Mereka akan direkrut untuk membantu kinerja di kantor dinas lingkungan Pemkab Kudus.

Dalam sambutannya pada peringatan hari disabilitas internasional di Aula DPRD Kudus, Minggu (8/12/2019, Hartopo mengatakan penyandang disabilitas banyak yang memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai tenaga kontrak.

“Penyandang disabilitas akan direkrut menjadi tenaga kontrak. Kami sudah perintahkan OPD untuk mengakomodasi penyandang disabilitas untuk membantu kinerja, tentunya disesuaikan antara kemampuan dan kebutuhannya,” kata Hartopo.

Menurut Hartopo, penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus harus diberdayakan agar bisa mandiri. Potensi yang ada perlu dikembangkan. Mereka juga akan memfasilitasi difabel untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Pemkab Kudus.

Menanggapi itu, Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) Rismawan Yulianto mengatakan, sudah banyak janji-janji yang diterima komunitasnya dari pemerinta daerah.

Ia berharap janji itu tidak sekedar janji. Rismawan berharap Plt Bupati Kudus Hartopo serius dalam memberdayakan penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus.

Rismawan mengaku sudah banyak menerima janji-janji dari pemerintah daerah. “Dulu Bupati Pak Tamzil juga pernah janji akan merekrut 50 peserta kewirausahaan dari penyandang disabilitas, tetapi sampai sekarang belum pernah terealisasi,” katanya.

Jumlah difabel di Kabupaten Kudus mencapai seribu orang lebih. Sebagian berupaya mandiri dengan membuka usaha sendiri. “Perlu campur tangan pemerintah agar usaha mandiri anggota kami bisa lebih berkembang,” katanya. (SRM)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here