- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Rabu, 23 Juni 2021
BerandaKudusDesa Zona Merah Bertambah, Kudus di Rumah Saja Diperpanjang

Desa Zona Merah Bertambah, Kudus di Rumah Saja Diperpanjang

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Pemkab Kudus memperpanjang kebijakan di rumah saja. Jika sebelumnya warga diimbau tetap di rumah pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, kebijakan itu diperpanjang hingga Rabu (7-9/6).

Kebijakan ini menyusul terus bertambahnya desa zona merah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus. Data Gugus Tugas Covid-19 Kudus menyebutkan, ada sebanyak 60 desa, dari total 132 desa di Kabupaten Kudus yang masuk kategori zona merah.

Jumat desa zona hijau yang sebelumnya sebanyak sebelas desa, berkurang menjadi sebanyak tiga desa. Tiga desa yang masih berstatus desa zona hijau yakni Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kudus, dan Desa Glagah Kulon, Kecamatan Dawe. Sisanya berstatus zona kuning dan oranye.

BACA JUGA : Kepala BNPB Sebut Kudus Butuh Penegakan Prokes hingga Pembenahan SOP Rumah Sakit

Kebijakan perpanjangan Kudus di rumah saja itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 360/1317/04.03/2021 tentang Perpanjangan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kudus Terkait Imbauan Agar tetap di Rumah Saja Pada Hari SeninSampai dengan Rabu 7-9 Juni 2021.

Edaran itu diterbitkan dalam rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Pada surat yang diteken Bupati Kudus Hartopo itu, sektor usaha tetap dipebolehkan masuk dengan pengaturan jam kerja (shift).

Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Kudus, Kepala instansi vertikal, hingga pengusaha agar menerapkan pengaturan shift/pergantian waktu pekerja serta menginbau pegawai di lingkungan kerja masing-masing agar di luar jam kerja untuk tetap di rumah.

TNI Polri, Satpol PP, Camat, hingga Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus, Satgas Jogo Tonggo, dan  hingga RW dan RT agar memantau pelaksanaan imbauan tetap di rumah saja di wilayah masing-masing.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus berkoordinasi dengan TNI Polri dapat melakukan rapid test secara acak. Tes acak ini dilakukan kepada warga yang tidak mematuhi imbauan tetap di rumah saja.

Warga yang hasil rapid test menunjukkan reaktif atau positif wajibkan menjalani isolasi di pusat isolasi Covid-19 yang telah ditentukan.

Kasus Baru

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus Masut menyebutkan, ada sebanyak 364 kasus baru Covid-19 yang terkonfirmasi, Minggu (6/6).

Dari total 8.757 kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, masih ada sebanyak 1.694 orang penderita Covid-19 di Kabupaten Kudus. Sebanyak 6.345 orang penderita telah sembuh dan 718 orang penderita meninggal dunia.

Sebanyak 41 orang menjalani isolasi mandiri terpusat di Rusunawa sepuluh orang dan asrama Politeknik Kudus sebanyak 31 orang. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: