Empat Partai Bentuk Koalisi Rembang Maju

REMBANG – suaramuria.com. Empat partai pemilik kursi DPRD yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Rembang membentuk Koalisi Rembang Maju untuk persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Rembang tahun 2020 mendatang. Namun empat partai itu belum memastikan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang akan diusung.
Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Rembang, Gunasih mengaku membentuk gerbong Koalisi Rembang Maju untuk menuju Pilbup 2020 mendatang. ”Ya, memang tadi ada pertemuan dan kesepakatan dari empat partai untuk membentuk Koalisi Rembang Maju. Kepastian empat partai cuma membentuk koalisi dulu. Mengenai keputusan usulan calon, kami belum,” jelas dia.
Dia mengatakan sempat muncul nama Ketua DPC Partai Demokrat Harno untuk maju sebagai cabup. ”Namun itu juga baru usulan dan belum pasti. Nanti kami masih ada pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk membahas formula yang terbaik dari empat partai,” tegas dia.
Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Rembang, Nur Hasan mengatakan pertemuan dihadiri oleh semua petinggi empat partai. ”Petinggi partai sudah memiliki penyatuan visi dan misi. Memang sudah ada usul ini dan itu namun intinya pertemuan itu untuk memastikan kalau ingin mengajukan calon, empat partai sudah siap,” kata dia.
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra, Puji Santosa menerangkan untuk mengusung cabup dan cawabup, empat partai sudah memiliki modal 12 kursi. ”Sementara menurut peraturan untuk mengusung cabup dan cawabup minimal 20 persen dari kursi DPRD. Di Rembang DPRD berjumlah 45. 20 persen dari 45 sekitar delapan koma. Koalisi Rembang Maju sudah memiliki 12 kursi. Jadi cukup untuk mengusung calon sendiri,” terang dia.
Nur Hasan mengatakan pembentukan Koalisi Rembang Maju untuk memberikan alternatif kepada masyarakat di Pilbup 2020. Dia tak menampik juga ingin mengenang nostalgia Pilbup 2005 ketika koalisi partai kecil berhasil memenangkan H Moch Salim dan H Yaqut Cholil Qoumas. ”Keinginannya seperti itu (koalisi tahun 2005, Red). Namun kami akan bahas lagi di pertemuan pertemuan mendatang,” tandas dia. ()

Tinggalkan Balasan