- Advertisement -spot_img
28.4 C
Kudus
Senin, 27 Juni 2022
BerandaKudusCegah PMK, Petugas Semprot Disinfektan Angkutan Ternak

Cegah PMK, Petugas Semprot Disinfektan Angkutan Ternak

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Sterilisasi kendaraan angkutan ternak menjadi langkah petugas untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Kudus. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di Pasar Hewan Kudus, Sabtu (14/5) pagi.

Semua kendaraan angkutan ternak dari dalam maupun luar Kabupaten Kudus yang masuk ke area tersebut. Selain itu, sudut-sudut pasar ternak Mejobo juga tidak luput dari area penyemprotan disinfektan.

Kepala Bidang Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus Agus Setiawan menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan khusus ternak secara berkala di kawasan itu.

BACA JUGA : Marak Wabah PMK, Kudus Perketat Lalu-lintas Hewan Ternak

Pengecekan hewan ternak di pasar dan kandang-kandang peternak yang ada di Kota Kretek juga akan terus dilakukan mengingat arus lalu-lintas jual-beli hewan ternak di Kudus masih dibuka.

“Semaksimal mungkin kami melakukan pencegahan agar virus PMK ini tak masuk di Kabupaten Kudus,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak serta aparat kepolisian untuk ikut mengawasi ternak yang dimungkinkan mengidap PMK. Harapannya, cakupan pengawasan lalu-lintas ternak di Kota Kretek semakin maksimal.

“Untuk saat ini sendiri belum ada, kami harapkan jangan sampai ada juga,” pungkasnya.

Vitamin Ternak

Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan belum akan menutup lalu-lintas perdagangan ternak di wilayahnya. Hanya, dia memastikan Kabupaten Kudus telah siap mencegah penyakit ini merebak di Kudus.

Dia pun telah menginstruksikan Dispertan untuk membentuk tim pemantau dan pengawasan hewan ternak di Kota Kretek. Selain itu, mereka juga ditugaskan memberi hewan ternak vitamin agar lebih kebal dengan virus kawakan ini.

“Dinas Pertanian akan turun ke lapangan memberikan antibiotic atau vitamin kepada hewan ternak agar lebih tahan penyakit,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini