24 C
Kudus
Minggu, 29 Januari 2023
BerandaKudusCegah Banjir, Kudus Tambah Pompa di Polder Jati Senilai Rp 2,48 Miliar

Cegah Banjir, Kudus Tambah Pompa di Polder Jati Senilai Rp 2,48 Miliar

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Untuk mencegah banjir di wilayah Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Pemkab Kudus menambah pompa pengendali banjir baru di polder Jati senilai Rp 2,48 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus Arief Budi Siswanto mengatakan, penambahan pompa baru itu untuk mempercepat penyedotan debit air banjir di permukiman warga. Air banjir akan disedot untuk dibuang ke Sungai Wulan.

BACA JUGA : Tak Hanya Bencana Alam, BPBD Perlu Berperan dalam Penanganan Bencana Sosial

“Saat ini sudah ada pemenang lelangnya dengan nilai penawaran Rp2,38 miliar. Kami targetkan awal November ini sudah dikerjakan,” katanya.

Lokasi penambahan mesin pompa dan bangunan pelengkap lainnya itu berada di lokasi bangunan polder Jati. Saat ini, di tempat itu baru ada dua unit mesin pompa dengan dua pipa berukuran besar untuk mengalirkan air banjir ke sungai.

Dengan tambahan satu unit pompa ini, nantinya polder Jati akan memiliki tiga mesin pompa pengendali banjir.

“Dengan adanya penambahan satu unit pompa lagi, diharapkan ketika terjadi banjir di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati dan sekitarnya bisa segera surut karena debit air yang dibuang ke Sungai Wulan semakin besar,” katanya.

Ia menambahkan, kapasitas dua mesin pompa yang tersedia saat ini masing-masing 200 meter kubik per detik.

“Pengalaman sebelumnya, ketika terjadi banjir di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati dan sekitarnya, surutnya banjir menunggu waktu yang cukup lama karena hanya mengandalkan dua mesin pompa tersebut,” katanya.

Daya Tampung

Untuk itulah, kata dia, Pemkab Kudus menambah mesin pompa penyedot air yang baru. Termasuk bangunan penunjangnya agar airnya bisa dibuang ke Sungai Wulan.

Polder pengendali banjir yang dilengkapi bangunan reservoir di Jati itu memiliki daya tampung air mencapai 4.760 meter kubik. Bangunan itu untuk mengurangi dampak banjir di wilayah Jati.

BACA JUGA  Kudus Butuh Embung di Wilayah Selatan

Pasalnya ketika curah hujan tinggi perkampungan warga kerap terkan banjir. Untuk mengurangi dampak banjir yang sering melanda pemukiman di Kecamatan Jati itu lah, Pemkab membangun polder dan rumah pompa itu.

Ukuran reservoir di Polder Jati itu memiliki panjang 162 meter dengan kedalaman 360 meter dan lebar 7,5 meter. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini