rs siapkan ruang isolasi
Bupati Pati Haryanto

PATI, suaramuria.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengambil langkah serius dalam upaya antisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Pati. Salah satunya, Bupati Haryanto meminta setiap RS siapkan ruang isolasi.

Bupati menyebut, seluruh elemen mulai dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), organisasi perangkat daerah, kepala sekolah, puskesmas hingga camat sengaja diundang untuk menyatukan langkah dalam antisipasi virus yang tengah menghebohkan dunia tersebut.

“Virus itu memang tidak pandang bulu sehingga harus dilakukan antisipasi secara menyeluruh. Karena itu, setiap RS siapkan ruang isolasi agar tidak terjadi penyebaran,” tegas Bupati.

BACA JUGA : RSU Fastabiq Pati Siap Tangani Pasien Corona

Bila ada indikasi kecurigaan warga, bupati pun mengingatkan agar warga tidak perlu galau. Warga diharapkan dapat memanggil petugas dari Dinas Kesehatan maupun puskesmas. Tim medis professional itupun telah dibekali dengan standard operasional.

“Sudah ada standard operasional yang disiapkan. Mulai dari ambulance yang akan digunakan, petugas yang sudah memakai masker dan pakaian sesuai standard maupun langkah penanganan lainnya,” terangnya.

Pihaknya juga bakal memberikan instruksi kepada setiap puskesmas untuk memberikan sosialisasi ke setiap sekolah maupun kecamatan. Terutama dalam langkah – langkah yang bisa diambil masyarakat untuk mengantisipasinya.

Pemkab akan membuatkan surat edaran resmi ke sekolah dan puskesmas untuk upaya sosialisasi. Seperti pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun, atau tisu basah, pembersih dan lainnya.

“Kami juga berharap jika anak sekolah dan masyarakat yang terkena flu dapat berusaha menggunakan masker. Meski diluar memang agak sulit mendapatkannya,” tambahnya.

Bupati pun mengajak masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi virus ini. Namun tetap menjaga kewaspadaan. Pasalnya, virus tersebut menyerang pada kondisi tubuh yang lemah. Virus itu sendiri hampir sama dengan flu.

“Namun kalau kita sehat dan imunitas kuat tentu tidak apa-apa,” imbuhnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan