- Advertisement -spot_img
29.1 C
Kudus
Minggu, 26 September 2021
BerandaRembangBupati Lantik 235 Kades Terpilih

Bupati Lantik 235 Kades Terpilih

- Advertisement -spot_img

Rembang, suaramuria.com – Sebanyak 235 dari 237 kepala desa (kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Rembang yang digelar 6 November lalu dilantik oleh Bupati H Abdul Hafidz di Pendopo Museum Kartini. Dua kades lainnya belum mengikuti pelantikan bersama.

Bupati mengatakan dua kades terpilih yang belum dilantik yaitu Desa Tlogotunggal Kecamatan Sumber dan Desa Kendalgung Kecamatan Kragan. Dia mengatakan di dua desa itu masa jabatan kades lama masih belum berakhir. ”Sedangkan 235 kades masa jabatannya sudah berakhir pada hari ini. Sehingga, dari 237 desa yang menggelar pilkades, 235 saja yang bisa dilantik secara serentak,” kata dia.

Dia menerangkan setelah pelantikan, kades terpilih diharapkan bisa melakukan konsolidasi dan merangkul semua elemen masyarakat desa. Khususnya, dia berpesan agar kades yang dilantik juga merangkul rival dan pendukungnnya pada Pilkades serentak se Kabupaten Rembang 6 November lalu. Konsolidasi ini dianggap penting untuk menjaga kerukunan dan stabilitas di desa. ”Tadi sudah saya sampaikan bahwa yang pertama harus menguasai tugas pokok kades. Yang kedua segera harus konsolidasi dengan element massa desa. Semua harus harus didekati karena sebagai langkah awal untuk kebersamaan memajukan desa,” jelas dia.

Bupati meminta agar kades terpilih juga segera menginisiasi pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bagi yang desa yang belum membentuk BPD. ”Mengingat saat ini sudah masuk akhir tahun.
Secepatnya kades menginisiasi pembentukan BPD bagi yang belum memiliki BPD,” terang dia.

Salah satu kades terpilih dari Desa Sendangmulyo Kecamatan Sluke , Asmuni mengaku akan segera merangkul semua lawannya. Meski setelah Pilkades Sendangmulyo sempat ada protes yang dilakukan pihak lawan, namun dia menganggap hal itu sebagai bagian dari demokrasi. Dia mengatakan tetap menghormati semua pihak yang ada di Desa Sendangmulyo.
Setelah pelantikan kades yang dihadiri oleh Wakil Bupati H Bayu Andriyanto, Forum Komuniskasi Pimpinan Daerah, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Rembang Hj Hasiroh Hafidz dan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Hj. Vivit Bayu Andriyanto, juga dilaksanakan pelantikan Ketua TP PKK Desa secara serentak. Ketua TP PKK Desa dijabat oleh istri kades terpilih. ()

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: