27.4 C
Kudus
Kamis, 9 Februari 2023
BerandaKudusBupati Kudus : Santri Kunci Penting Penjaga Toleransi

Bupati Kudus : Santri Kunci Penting Penjaga Toleransi

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Santri tak hanya memiliki tugas mendalami ilmu agama. Lebih dari itu, santri menjadi kunci penting penjaga toleransi hingga pelosok negeri. Apalagi santri juga tersebar di daerah hingga pedesaan.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, toleransi di Kabupaten Kudus sudah terbangun dengan baik. Berbagai kelompok lintas agama dan etnis berbaur untuk membangun Kudus. Kondisi inilah yang harus dirawat dan dijaga.

Pentingnya peran santri sebagai penjaga toleransi itu disampaikan Bupati Kudus Hartopo pada peringatan Hari Santri tahun 2022, Sabtu (22/10).

BACA JUGA : Semarak Kirab Hari Santri Siswa MTs Negeri 1 Jepara, Ada Gatotkaca Ikut Pawai

Menurut Hartopo, santri menjadi milik seluruh elemen masyarakat yang harus merawat kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Santri juga harus menjadi pelopor toleransi. Kita bangsa besar yang penuh keragaman. Jaga dan rawat bangsa ini dengan baik,” kata Hartopo.

Bupati prihatin dengan adanya isu-isu tentang radikalisme. Oleh karenanya penguatan kebangsaan harus terus dilakukan. Terutama dari kalangan santri.

“Peran santri sangat strategis, oleh karena itu kita sering berikan edukasi dan mengingatkan mereka agar dapat menjalankan perannya secara jelas sehingga dapat menjadi pelopor toleransi, khususnya di Kabupaten Kudus,” katanya.

Dirinya meminta seluruh masyarakat harus selektif terhadap semua informasi yang berkembang. Sudah seharusnya untuk disaring dulu kebenarannya. Apalagi yang terkait dengan disintegrasi bangsa.

“Sinergi pemerintah dengan para santri juga sangat penting. Mengingat perjuangan santri di era kemerdekaan,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini