- Advertisement -spot_img
30 C
Kudus
Rabu, 18 Mei 2022
BerandaKudusBupati Kudus Raih Penghargaan Baznas Award

Bupati Kudus Raih Penghargaan Baznas Award

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.comBupati Kudus Hartopo meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award. Acara yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo secara virtual ini dilagsungkan di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Senin (17/1).

Hartopo sebagai salah satu peraih penghargaan sebagai Kepala Daerah yang mendukung gerakan zakat. Diantara sepuluh bupati lainnya dan enam walikota se-Indonesia.

Raihan ini tidak lantas membuat Bupati Kudus berbangga diri. Pasalnya gerakan zakat ini sudah seharusnya menjadi kewajiban umat Islam sesuai dengan kemampuannya.

BACA JUGA : Baznas Targetkan Rp 1 Miliar dari Pekan Peduli Sosial

“Saya berterima kasih kepada Baznas Kudus yang selama ini sudah bersinergi secara baik dengan pemerintah daerah,” katanya seusai acara.

Lebih lanjut bupati menyebut bahwa zakat bukan sekadar kewajiban. Tetapi merupakan panggilan hati untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan.

“Dan ini akan kita terus dorong seluruh masyarakat semakin sadar zakat,” harapnya.

Salah satu manfaat nyata zakat adalah kegiatan bedah rumah yang bersumber dari Baznas. Dan juga berbagai manfaat lain untuk meningkatkan perekonomian melalui kegiatan usaha mikro kecil.

Pada acara tersebut, Ketua Baznas RI Noor Achmad menyebut bahwa secara nasional potensi zakat bernilai triliunan rupiah. Dan akan memberikan dampak luar biasa bagi perekonomian nasional.

“Untuk tahun 2021 ini telah terkumpul zakat infaq dan shodaqoh sebesar 516 M, meningkat 133 persen dari tahun sebelumnya. Capaian ini tentu harus terus kita dorong agar besarannya meningkat ditahun tahun berikutnya,” ujar Noor Achmad.

Dana Abadi Bencana

Dirinya menyebut bahwa ke depan Baznas berencana untuk menginisiasi dana abadi bencana dan dana abadi pendidikan. Untuk itu dirinya meminta dukungan dari semua pihak mengingat kedua hal tersebut disebutnya mendesak untuk diwujudkan.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo berharap ada terobosan melalui penggunaan teknologi agar pengumpulan zakat bisa dimaksimalkan potensinya.

“Yang lebih penting adalah bagaimana agar zakat ini benar benar tepat sasaran dalam upaya menekan angka kemiskinan ekstrim dan memperpendek ketimpangan ekonomi,” kata Presiden.

Terakhir dirinya mengapresiasi para penerima Baznas Award 2022, “semoga menjadi inspirasi dan teladan bagi banyak pihak,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini