Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat saat memberi keterangan kepada awak media.

PATI, suaramuria.com – Bhabinkamtibmas disiapkan kawal vaksinasi untuk masyarakat. Langkah itu dilakukan sebagai upaya Polres Pati dalam mensukseskan upaya vaksinasi untuk memutus pandemi Covid-19.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, ratusan Bhabinkamtimas itu nantinya ditugasi untuk mengawal terutama dalam upaya pendataan dan sosialisasi di tingkat desa. Dengan begitu diharapkan langkah tersebut bisa mempermudah petugas kesehatan apabila nantinya sudah dilakukan vaksinasi.

“Terlebih selama ini Bhabinkamtibmas cukup dekat dengan masyarakat di tingkat bawah. Harapannya tentu mereka bisa lebih maksimal dalam mensosialisasikan vaksinasi kepada masyarakat umum,”terangnya seusai memimpin Apek Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai tracer dan vaksinator Covid-19 di halaman Mapolres Pati.

BACA JUGA : Kapolres Ingatkan Pengelola Wisata di Pati Siapkan Protokol Kesehatan

Selain itu, Bhabinkamtibmas nantinya juga dapat membantu proses tracing. Langkah tersebut juga diyakini cukup penting dalam upaya pemutusan pandemi Covid-19 di Kabupaten Pati.

“Mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga diharapkan bisa melakukan tracing terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Diharapkan Bhabinkamtibmas juga dapat menjadi ujung tombak dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro,”katanya.

Kapolres menambahkan, terkait peran Bhabinkamtibmas Kawal Vaksinasi ini, Polres Pati sebelumnya juga sudah membentuk Unit Kecil Lengkap (UKL) dan Obrolan Babinkamtibmas, Babinsa, Bidan Desa, lan Kepala Desa sing kudu diugemi (Obor Bumi).

“Artinya, ajakan dari Babinkamtibmas, Babinsa, Bidan Desa, dan Kepala Desa yang harus dipatuhi oleh para warga,”imbuhnya. (srm)

Tinggalkan Balasan