- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Rabu, 23 Juni 2021
BerandaKudusBerkat Biologi, Dhea Raih Perunggu Kompetisi Sains Nasional

Berkat Biologi, Dhea Raih Perunggu Kompetisi Sains Nasional

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 tak menghambat Brilian Dhea Rizka Renata (17) berprestasi. Siswi kelas XII SMAN 1 Bae Kudus ini baru saja meraih perunggu pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Biologi 2020.

Dhea menjadi satu-satunya wakil dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III (Kudus, Pati, dan Rembang) yang lolos ke tingkat nasional KSN. “Meski lomba dilaksanakan secara virtual, namun kompetisinya sangat ketat, pengawasannya juga cukup ketat. Alhamdulillah masih bisa meraih prestasi,” kata Dhea, Senin (19/10).

BACA JUGA : Siswa MIN 2 Jepara Juara Lomba Sains Nasional

Tidak gampang bisa lolos ke lomba KSN. Dhea membuka jalan setelah menyabet gelar juara di tingkat kabupaten saat masih duduk di kelas X. Setahun berikutnya, Dhea berhasil juara di tingkat provinsi.

Menang di tingkat provinsi itu menjadi tiket Dhea untuk ikut KSN yang digelar pekan lalu. Ia mendapat bimbingan secara intensif dari tiga orang gurunya yakni Agus Pudjo Mulyono, Khamidah, Lala Lubana.

“Soal-soal KSN cukup sulit. Saya masih ingat kurang tepat saat menjawal soal tentang anatomi. Setelah selesai lomba saya jadi penasaran. Kesalahan ini menjadi motovasi untuk terus belajar,” kata gadis yang bercita-cita kuliah kedokteran di UGM ini.

Kepala SMAN 1 Kudus Supriyono mengatakan, prestasi yang diraih Dhea menjadi motivasi bagi siswa lainnya. Meski saat ini siswa belajar dari rumah, tak menghalangi untuk bisa terus berprestasi.

“Hasil ini tidak instan. Ada proses panjang yang dilakukan siswa bersama guru pembimbing. Selain memberi bimbinan secara daring, kami juga beri pelatihan secara tatap muka di sekolah, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” katanya. (SRM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: