bella yusvika
Bella Yusvika Diana juara I Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) Jawa Tengah.

JEPARA,suaramuria.com – Bella Yusvika Diana kembali mengharumkan Kabupaten Jepara melalui prestasinya sebagai juara I Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) Jawa Tengah.

Pretasi ini sekaligus mempertahankan tradisi juara wakil dari Kabupaten Jepara dalam ajang begengsi tersebut.

Pada pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi Jawa Tengah di MG Setos Hotel Semarang Selasa–Kamis (11–13/8) lalu, Bella berhasil meyakinkan juri dengan jawaban-jawaban yang jitu di tahap akhir pemilihan untuk mengungguli kontestan Duta Genre lain.

BACA JUGA : Semai Atlet Masa Depan, Jepara Bentuk Klaster Semikat

Tidak sembarang, kriteria yang dipatok dewan juri cukup tinggi. Mereka dipersyaratkan memiliki pemahaman yang baik terhadap subtansi program Bangga Kencana dan subtansi GenRe, memiliki kreativitas yang bisa dibuktikan dengan karya nyata berupa inovasi kegiatan.

Program inovasinya AKAD  NIKAH KEREN (Aktualisasi Kepada Anak Desa melalui Pengetahuan, Pemberdayaan, Religius, Empati, dan Jaringan).

Banyak Manfaat

Bella Yusvika Diana menyampaikan, program GenRe memiliki banyak manfaat, karena program ini mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Di antaranya Menganjurkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah serta Napza.

”Genre menjadi wadah untuk mengembangkan karakter remaja Indonesia agar tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan,” terangnya.

Program-program Genre di antaranya Kesehatan reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi remaja, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Konseling Remaja

Program ini dilaksanakan melalui pengembangan Kelompok pusat informasi konseling remaja (PIK R) dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja sesuai dengan kecendurungan remaja yang lebih suka bercerita kepada teman sebaya terkait masalah yang dihadapi.

”Remaja Indonesia saat ini adalah generasi milenial, generasi yang hidup di alam keterbukaan, kebebasan berekspresi, dan dibanjiri beragam informasi. Tentu muncul beragam persoalan di kalangan remaja. Dengan menjadi Generasi Berencana, kami akan mampu menjadi remaja yang tangguh, dan siap menghadapi masa depan dengan terencana,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara Inah Nuroniah menyampaikan, prestasi-prestasi ini semakin menguatkan benteng perlindungan remaja di kabupaten Jepara dalam menghadapi berbagai persoalan milenial yang dihadapi remaja saat ini.

Menurutnya, dalam empat tahun terakhir, banyak prestasi membanggakan yang diraih wakil kabupaten Jepara dalam pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi Jateng.

Pada tahun 2017, wakil Kabupaten Jepara Febby Cyntia menjadi juara 1 Duta GenRe putri jalur pendidikan sekaligus juara favorit Duta GenRe Jateng. Febby juga membawa harus Jepara di tingkat nasional sebagai juara favorit.

Tahun 2018, Jepara memborong semua gelar juara favorit, yaitu juara favorit Putra dan Putri jalur pendidikan, juara favorit Putra dan Putri jalur masyarakat, juara 3 putra jalur pendidikan, dan juara 2 putra jalur masyarakat.

Tahun 2019, wakil Jepara Muhammad Muhydin Ballan Nabyan meraih prestasi juara 2 putra Jateng. Tahun ini, ada dua wakil Jepara yaitu Bella Yusvika Diana menjadi juara pertama dan Baaqirana putra sanno masuk 10 besar finalis duta GenRe. “Alhamdulillah tahun ini juara lagi,” ungkapnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan